Permainan Egrang (Jajangkungan) di Subang, West Java, Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.comPermainan Egrang (Jajangkungan) di Subang, West Java, Indonesia 

Dulu jaman saya masih kecil permainan Egrang (Jajangkungan) sudah tidak asing lagi, meskipun diberbagai daerah di kenal dengan nama yang berbeda beda. Namun saat ini sudahmulai sulit di temukan, baik di desa maupun di kota, tetapi saat permainan di kombinasikan dengan berbagai hal sehingga dapat berdampingan dengandunia yang di katakan modern ini jadi terangkat kembali.

Yang akan di ulas kali ini permainan egrang yang ada di Jawa Barat khususnya didaerah tempat tinggal saya yaitu di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, West Java... Indonesia... Hehehe yang dikenal dengan nama JAJANGKUNGAN.

Permainan Jajangkungan cukup terkenal di daerah tempat tinggal saya. Permainan ini sering dilakukan oleh anak-anak usia 4 sampai 40 tahun (anak TK, SD, SMP, SMA, Bapak – bapak... hahha).. Cara memainkan permainan ini sebenarnya beragam, yang saya lakukan hanyalah salah satu dari banyak cara yang lainnya. Permainan egrang ini dipandang sebagai permainan yang menyenangkan, menantang, dan tidak memakan biaya yang mahal untuk membuat alat permainan tersebut. 

Permainan Egrang (Jajangkungan) di Subang, West Java, Indonesia
Permainan Egrang (Jajangkungan) di Subang, West Java, Indonesia

Apabila bermain Jajangkungan atau Egrang ini hanya bertujuan untuk mengadu kecepatan, maka diawali dengan 3 anak atau lebih dari garis start. Jika sudah ada aba-aba mulai maka para pemain akan berlari dengan menggunakan Egrang tersebut. Pemain yang lebih dulu sampai ke garis finish maka itulah yang di jadikan sebagai pemenangnya. 

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol

Cara membuat jajangkungan
Cara membuat jajangkungan silahkan baca Cara nyieun jajangkungan jeung cara ngagunakeunana

Ada juga cara bermai dengan saling menjatuhkan yaitu dilakukan oleh 2 orang. Setelah 2 orang tersebut sudah menaiki Egrang dan saling berhadapan serta sudah ada aba-abamulai maka mereka akan saling menjatuhkan dengan memukulkan kaki-kaki egrang/bambulawan. Pemain yang bisa menjatuhkan lawan maka itulah yang di jadikan pemenang.

Ini tetangga admin sedang membuat jajangkungan / egrang.
 Ini tetangga admin sedang membuat jajangkungan / egrang. Silahkan baca di Permainan Egrang Atau Jajangkungan

Permainan Egrang ini membutuhkan kerjakeras,keuletan,dan sportifitas. Para pemain bekerja keras untuk mengalahkanlawan mereka. Membutuhkan keuletan dan ketekunan dalam proses pembuatan Egrangini agar dapat seimbang ketika digunakan. Sikap sportifitas yang dimiliki oleh seorang pemain saat bermain yaitu tidak berbuat curang dan mau menerima kekalahan... Tanpa dendam kesumat..

Baca juga :  Facebooker Subang Kopdar di Jatimulya, Compreng
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar