Skip to main content

Bunga dolar pembawa hoki

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bunga dolar pembawa hoki. 

Memang saya ini mau menulis tetang bunga, tetapi bukan riba’, juga tak terkait rentenir atau ijon. Sebenarnya, bukan bunga, tetapi pohon karena gak ada bunganya... eh ada sih tapi bunganya malah gak menarik... malahan menarik daun dan pohonya.

Para kolektor memburu bunga dolar karena hijau daunnya yang mengkilap indah, serta batangnya yang berbonggol unik. Kenapa disebut ‘bunga,’ karena tanaman hias jenis apapun di daerah saya, selalu dinamakan bunga.

Bunga dolar pembawa hoki
 Bunga dolar pembawa hoki
.....

Nama latinnya, Zamioculcas atau Zamia saja. Ciri fisik berupa daun kecil dan batang yang panjang, bonggol pada pangkal batangnya yang terus membesar menampung air, khas tumbuhan padang pasir.

Baca juga : Zamioculcas zamifolia ( Pohon Dollar )

Nama “dollar” tentu memiliki arti. Tumbuhan yang seperti pelepah ditanam ini, memang dipercaya Bunga dolar pembawa hoki. Karena berkhasiat Hoki, ada juga yang menyebutnya bunga rejeki. Mungkin karena itu, zamiaoculcas dikaitkan dengan mata uang dolar.

Bunga dolar didepan rumah admin
 Bunga dolar didepan rumah admin

Dollar memang berasal dari daerah panas, tetapi bagi wilayah tropis seperti Indonesia, tumbuhan ini jangan sampai terpapar matahari langsung, karena bunganya bisa terbakar kecoklatan. Bunga ini menyukai matahari pagi sampai pukul 10.00 dan tak senang dengan air yang tergenang di akarnya.

Air yang terlalu banyak, bisa membuat tumbuhnya tak subur. Bisa juga membuatnya mati karena akarnya yang membusuk kelebihan air. ....


Baca juga : Cara merawat dan memperbanyak tanaman pohon Dollar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments