Skip to main content

Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong dan Menaklukkan Jalur Kuta Malaka

Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong dan Menaklukkan Jalur Kuta Malaka

Gampong Lam Ara Tunong merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh. Desa yang terletak sekitar 30 km dari Kota Banda Aceh ini memiliki pemandangan yang masih asri dan sejuk, terutama perkebunan jagung dan sawah yang masih terhampar luas. 

Dahulunya kawasan ini merupakan daerah yang terisolir karena sering terjadi ba+ku - tem+bak pada masa darurat militer di Aceh. Namun pasca perdamaian antara Gam dan pemerintah Indonesia, banyak traveler yang tertarik dengan keindahan pemandangan di pedesaan ini.

Perkebunan Jagung Gampong Lam Ara Tunong
Perkebunan Jagung Gampong Lam Ara Tunong 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...

Selain perkebunan jagung dan sawah yang masih luas, daya tarik utama dan yang menjadi tujuan bagi para traveler adalah Air Terjun dan Bukit Kuta Malaka. Untuk mencapai ke lokasi Air Terjun dan Bukit Kuta Malaka, para traveler harus bisa menaklukkan jalur setapak, mendaki, dan melewati 5 anak sungai yang berbatu. Para traveler dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk mencapa lokasi. Namun tetap harus hati-hati, karena tidak jarang para traveler terjatuh dan mengalami masalah dengan kendaraan.

Tantangan melewati jalur Kuta Malaka ini paling banyak diincar oleh para pecinta kegiatan ekstrim. Tak hanya para pengguna sepeda motor dan mobil, juga banyak pesepeda yang datang untuk menaklukkan jalur ekstrim ini.

Salah satu sungai yang terdapat di jalur Kuta Malaka
Salah satu sungai yang terdapat di jalur Kuta Malaka 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
....

Ketika tiba dipintu masuk, para traveler dapat memasuki hutan dan berjalan kaki melewati sekitar 412 anak tangga menuju air terjun. Anak tangga ini berada ditengah-tengah rindangnya pepohonan, sehingga memberikan kesejukan bagi para traveler dan dapat mengabadikan pemandangan yang masih hijau ini.

Anak tangga menuju air terjun Kuta Malaka
 Anak tangga menuju air terjun Kuta Malaka 
(Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...

Kelelahan terbayarkan ketika air terjun mulai terlihat. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan hingga puncak gunung dan karakteristiknya yang mendukung untuk bermain seluncuran. Air Terjun ini masih jernih dan indah, namun keindahan tersebut menjadi berkurang karena banyak terdapat sampah dipinggiran.

Air Terjun Kuta Malaka
 Air Terjun Kuta Malaka (Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)
...
 
Selain air terjun juga ada Bukit Kuta Malaka yang menjadi incaran para traveler. Bukit ini mengharuskan para traveler untuk mendaki ketika tiba di tempat parkiran. Walaupun cuaca kadang terlalu panas, namun tidak menyurutkan para traveler yang ingin mendapatkan pemandangan dari atas bukit.

Pemandangan Bukit Kuta Malaka dari jalur
 Pemandangan Bukit Kuta Malaka dari jalur (Photo Oleh: Ratna Mutia Dewi)


Nah, sekian dulu cerita trip saya kali ini. semoga berguna bagi para readers sekalian dan semoga alam yang masih utuh begini terus bertahan hingga para penghuni masa depan juga bisa menikmatinya.
Penulis      :  Ratna Mutia Dewi
Twitter      :  @R_mutiadewi
Hobi          :  Jelajah alam dan menulis
Blogger    :  mutiaharu.blogspot.com
                   
************

Tulisan kiriman dari Ratna Mutia Dewi  :
1. Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin
3. Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong...
4. Keindahan Air Terjun Seuhom ( Krueng Kala ) 
5. Menguak 5 Pilar Keajaiban Rezeki 
6. Lhokseudu, Lokasi Terbaik Menikmati Senja
7. Sore Bersama Sunset Di Ujung Pantai Lhoknga, Aceh Besar
8. Pesona Keindahan dibalik Bukit Krueng Raya
9. Sebuah cerita 30 hari - Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Provinsi Aceh.


********* 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar