Resiko memasang antena Tv dengan tiang tinggi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Resiko memasang Antena Tv dengan tiang tinggi

Dulu waktu saya masih pengantin baru dan masih satu rumah dengan mertua pernah antena Tv tersambar petir... Mungkinkah penyebabnya karena antena tv tersebut dipanjer menggunakan tiang bambu.

Dulu, belum banyak orang yang mampu membeli televisi. Namun sekarang televisi seolah sudah bukan kebutuhan sekunder/tersier. Kini tv sudah menjadi kebutuhan pokok yang setiap rumah harus memilikinya. Hal ini lah yang membuat di kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat muali banyak tiang antena tv tinggi.

Resiko memasang antena Tv dengan tiang tinggi
Resiko memasang antena Tv dengan tiang tinggi. Foto  rumah saya masih menggunakan antena Tv tiang tinggi. Antena Tv-nya saya pakai 2. Satu untuk arah ke Timur ( untuk pemancar Tv dari daerah Cirebon, Majalengka dan satu lagi untuk arah ke Barat ( untuk pemancar Tv dari Jakarta, Purwakarta )

Hujan deras disertai angin kencang adalah suasana yang biasa bagi kami alami. Apa lagi ketika sudah musim penghujan petirnya bersahutan. Untuk pertama kalinya istri saya melihat kilat masuk rumah dan membakar tv kami padahal tidak sedang dinyalakan.... Cuman antena tvnya konek ke tv dan listrik... mungkin itu penyebabnya... Ada aliran listrik ke antena yang di panjer dengan menggunakan tiang bambu.... Kilatnya benar-benar dekat dengan istri saya. Tapi untungnya gak ada korban jiwa... yang hangus Tv instalasi listrik dan pompa air.

Antena tipi dengan tiang tinggi.
 Antena tipi dengan tiang tinggi... Bunga Holand... Rumah admin

Alhamdulillah selama punya rumah sendiri dan misah dengan mertua rumah dan antena Tv saya belum pernah disambar petir.... Amit... Amitt... Jangan kealamin lagi dah .... 

Antena Tipi UHF pakai 2 arah.. ke Timur dan ke Barat
Antena Tipi UHF pakai 2 arah.. ke Timur dan ke Barat

Mungkin karena sekarang ini antena Tv dirumah kami  ini menggunakan tiang dari pipa besi 1.1/4” dan keatasnya menggunakan pipa besi 1”... Tiang pipa besi kami ini tidak sampai ke tanah ( ngirit pipa besi... Hehehe) tapi di pasang seling/tambang baja untuk menghubungkan tiang besi ke tanah. Katanya kalau di hubungkan ke tanah bisa mengalirkan petir ke tanah... Sedangkan ketinggian tiang besi untuk antena Tv kami ini sekitar 8 Meteran..... Dan perlu diingat apabila hujan dan ada petirnya, sebaiknya antena tv yang terhubung ke Tv di cabut begitu juga dengan power listriknya di cabut juga... Karena katanya ada aliran listrik yang mengalir ke antena...

Baca juga :  
Saya masih Memasang Antena UHF dua Antena 
Cara Nonton Piala Dunia dengan Parabola

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar