Burung pipit serang tanaman padi di Cibandung, Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Burung pipit serang tanaman padi di Cibandung, Subang.

Tingginya tingkat populasi burung pipit menjadi ancaman bagi petani padi di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, khususnya di pesawahan Cibandung, Dusun Gardu. Soalnya, keberadaan burung yang hinggap di tanaman padi secara bergerombolan dalam jumlah besar itu telah memakan padi petani sebelum dipanen.

Burung ini datang pada pagi  sekira pukul 5.00 WIB - 10.00 WIB, Kalau sore pukul 15.00 hingga 17.00 WIB burung itu mulai mengitari sawah petani di saat seperti itu harus ada yang menjaga (tunggu) kalau tidak bisa habis tuh bulir padinya.

Burung pipit serang tanaman padi di Cibandung, Subang
 Burung pipit serang tanaman padi di Cibandung, Subang

Hama burung pipit sampai saat ini masih menjadi hama utama yang menyerang tanaman padi petani di Cibandung.

Burung pipit bukan hal baru memakan bulir padi muda, rombongan burung  itu  terbang  menghisap biji muda, kalau hinggap biasanya sampai ratusan ekor. 

Para petani mengaku kesulitan mengusir hama burung pipit yang muncul setiap musim tanam. Untuk meminimalkan kerugian akibat hama tersebut ada petani  terpaksa membuat alat untuk pengusir burung, seperti membentangkan pita plastik, membuat orang-  orangan sawah, dan suara bunyi-bunyian terbuat dari kaleng yang diisi kerikil atau bambu yang dibelah. 

Tanaman padi admin di Cibandung, Dusun Gardu, Subang
 Tanaman padi admin di Cibandung, Dusun Gardu, Subang

Saat ini, cara penanggulangan secara tradisional pakai orang –orang  dan bunyi-bunyian kurang efektif tidak membantu. Hama burung sudah kebal dan tidak takut.

Baca juga : 
Pita plastik pengusir burung pipit di sawah.
Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik
 

  
Kalau jaman dulu waktu admin masih kecil.. Ya, jaman orde baru.. Pemerintah melakukan pembasmian burung pipit dengan penyemprotan di udara menggunakan pesawat... burung - burung pipit pun pada mati terkena semprotan.. Nah, sekarang tindakan penyemprotan itu tidak ada...

Lihat : Vidio : Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar