--> Skip to main content

Tanggal 5 April Hari Jadi Kabupaten Subang.

Tanggal 5 April Hari Jadi Kabupaten Subang.

Hari jadi Kabupaten Subang tinggal hitungan hari. Berdasarkan berbagai artikel sejarah, termasuk yang terdapat pada website resmi Kabupaten Subang, 5 April 1948 ditetapkan menjadi hari lahirnya Kabupaten ini. 

Dalam buku sejarah Subang terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang tercatat penentuan hari jadi Subang tersebut merujuk pada sebuah rapat yang digelar pada tanggal tersebut di daerah Cimanggu, Desa Cimenteng, Kecamatan Cijambe. Rapat tersebut menetapkan pembagian wilayah dan kepala pemerintahan darurat dimana ketika itu keadaan negara tengah genting karena Agresi Militer Belanda I.

Kantor Bupati SubangKantor Bupati Subang

 
Pada tanggal 5 April 1948 di Cimanggu, Desa Cimenteng. Di bawah pimpinan Karlan, rapat memutuskan : 
1.Wakil Residen Mukmin ditunjuk menjadi Residen yang berkedudukan di daerah gerilya Purwakarta. 
2.Wilayah Karawang Timur menjadi Kabupaten Karawang Timur dengan bupati pertamanya Danta Gandawikarma. 
3.Wilayah Karawang Barat menjadi Kabupaten Karawang Barat dengan bupati pertamanya Syafei. 

 Patung sisingaan, kesenian khas Subang
 Patung sisingaan, kesenian khas Subang

Wilayah Kabupaten Karawang Timur adalah wilayah Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta sekarang. Saat itu, kedua wilayah tersebut bernama Kabupaten Purwakarta dengan ibukotanya Subang. Penetapan nama Kabupaten Karawang Timur pada tanggal 5 April 1948 dijadikan momentum untuk kelahiran Kabupaten Subang yang kemudian ditetapkan melalui Keputusan DPRD No. : 01/SK/DPRD/1977.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments