Kolecer / Baling - Baling Bambu

Kolecer / Baling - Baling Bambu

Kolecer atau Baling - baling bambu sebenarnya merupakan permanian tradisional yang di kenal di kampung – kampung, dan biasanya dimainkan pada musim kemarau. Tetapi ada juga yang menggunakan kolecer untuk mengusir burung pipit pada tanaman padi di sawah. Baca Kolecer sebagai pengusir burung Pipit di sawah

Kekuatan angin disetiap daerah berbeda, begitu juga dengan nama - nama angin. Di negeri kita tercinta ini mengenal banyak istilah nama angin, seperti angin barat, angin timur, angin laut, angin darat, angin puyuh, angin puting beliung, angin sepoy sepoy,  angin malam, angin duduk dan masih banyak lagi angin - angin yang lain.

Kolecer atau Baling - baling bambu. Foto jepretan admin
Kolecer atau Baling - baling bambu. 
Foto jepretan admin

Bahkan .... Saking banyaknya jenis angin maka penyakit yang sering timbul di negeri ini yaa masuk angin .... Tapi untungnya kita punya jamu penolaknya ... Hahaha...  Udaahh ah.. becanda mulu.. disini saya mau menulis tentang Kolecer atau baling - balig bambu.

Kolecer dibuat dari belahan bambu yang di bentuk sedemikian rupa. Bambu yang digunakan biasanya bambu ater atau betung atau bambu yang bentuknya besar karena lebih mudah untuk bentuknya.

Nah, untuk cara membuat Kolecer / Baling - baling bambu silahkan baca di postingan saya yang berjudul Cara membuat Kolecer dari bambu atau kayu
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar