Teknik penyemaian padi petani Pagaden Barat, Subang

Teknik penyemaian padi petani Pagaden Barat, Subang

Teknik penyemain padi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh petani dengan menyebar benih padi pada luasan tertentu sebelum dilakukan penanaman padi pada suatu lahan sebenarnya. Teknik penyemain padi yang benar akan menunjang pertumbuhan tanaman padi, apabila teknik penyemain padi tidak dilakukan dengan sesuai prosedur penyemain maka pertumbuhan padi menjadi tidak baik alias keri/kuntet. Berbagai teknik penyemaian padi sudah banyak dilakukan oleh petani mulai dari penyemain tertutup hingga penyemaian terbuka. Baca Cara membuat benih padi sendiri.

Nah, berikut yang saya tulis adalah teknik penyemaian benih padi sesuai dengan yang dilakukan oleh petani Desa bendungan, kecamatan Pagaden barat, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa barat Indonesia. Baca Sistem BAWON Pada Pertanian Padi Di Pagaden Barat, Subang

i. Buat tempat penyemaian  sesuai dengan kebutuhan penyemain benih dapat dilakukan ditepi lahan sawah. Untuk ukuran benih padi yang mau disemai adalah kisaran 5 kg untuk lahan sawah seluas 1000m2. Untuk ukuran media persemaian, 1kg benih padi, baiknya di sebarkan pada kisaran 2 x 3 meter lahan persemaian.

ii. Olah tanah buang kerrikil atau batu yang dapat menghambat pertumbuhan bibit padi. cara mengolahnya sama dengan untuk penanaman padi, namun dibuat heuleuran / bedengan - bedengan.

iii. Tabur benih pada area penyemaian.

iv. Biarkan tanaman tersebut hingga tumbuh kurang lebih 10-12 hari, beri pupuk urea dengan cara di sebar

v. Pindah tanam atau istilah babut mencabut benih dari penyemaian yang dilakukan saat tanaman padi berumur kira - kira 25 hari, selanjutnya bibit padi dipindah dari persemaian ke lahan pesawahan untuk di tandur ditanam.


Baca juga :  
Nyawah yuk ... 3 minggu lagi air mengalir ke sawah di Pagaden Barat 
Inilah Tanaman Padi Ketan di Kabupaten Subang. 
Proses dari menanam padi sampai menjadi beras  
Panen padi kali ini menggunakan mesin perontok padi / cruser



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar