Manfaat Tenggek / Bekicot Sebagai Obat Luka

Manfaat Tenggek / Bekicot Sebagai Obat Luka.

Saat musim hujan tiba, biasanya binatang tenggek ( ditempat saya dikenal dengan nama ini ) atau bekicot ini banyak dijumpai merayap di pohon-pohon, di kebun yang rindang dengan pepohonan. Binatang ini berkembang biak dengan cepat, karena sekali bertelor jumlahnya sampai ratusan butir. 

Memang sih binatang bekicot ini terlihat kotor dan menjijikkan, namun ternyata binatang ini bisa dimanfaatkan sebagai penutup luka baru bekas senjata tajam dan sejenisnya.

Manfaat Tenggek / Bekicot Sebagai Obat Luka
Manfaat Tenggek / Bekicot Sebagai Obat Luka

Cara untuk mengobati luka sangat mudah yaitu dengan mengeluarkan lendir bekicot lalu dioleskan ke luka. Tak perlu menunggu beberapa saat, luka yang tadinya mengalirkan darah sudah menutup dan rapat tidak berdarah lagi.

Nah, Penelitian tentang efektivitas lendir bekicot dalam penyembuhan luka pernah dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor, yang menyatakan bahwa luka yang diolesi lendir bekicot ternyata dua lebih cepat menutup dari pada luka yang tidak diolesi dengan lendir bekicot. Pengamatan jaringan tubuh di bagian luka di bawah mikroskop memperlihatkan penutupan luka dan penyatuan jaringan kulit berlangsung lebih cepat yang diobati.

Dalam suatu hasil penelitian dinyatakan bahwa lendir yang diproduksi kelenjar di dinding tubuh bekicot, maupun zat getah bening yang mengalir dalam tubuh bekicot mempunyai aktivitas penggumpalan serta pembasmian bakteri dan benda asing. Mungkin komponen itu pula yang berfungsi dalam penutupan luka.

Baca juga :  

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar