Skip to main content

Atraksi Sisingaan SDN Mariuk, Tambakdahan, Subang, Jawa Barat

Atraksi Sisingaan SDN Mariuk, Tambakdahan, Subang, Jawa Barat 

Atraksi Sisingaan ini, dilakukan oleh anak-anak siswa SDN Mariuk, Tambakdahan, Subang, Jawa Barat. Anak – anak yang mengusung atraksi Sisingaan menampilkan suguhun atraksi kesenian yang  memukau hadirin,berbagai macam gerakan- gerakan akrobatik dengan mulus mereka tampilkan.

Sisingaan sebagai kebudayaan atau Ciri Khas Kesenian Kabupaten Subang Jawa Barat... Gotong singa atau yang lebih dikenal dengan sebutan sisingaan merupakan kesenian khas tanah Pasundan. Seni pertunjukan yang lahir dan berkembang di daerah Subang ini memadukan seni tari dengan seni keterampilan.

Atraksi Sisingaan SDN Mariuk, Tambakdahan, Subang, Jawa Barat
 Atraksi Sisingaan SDN Mariuk, 
Tambakdahan, Subang, Jawa Barat 


Dalam bahasa setempat, “sisingaan” berarti singa tiruan. Hal ini merujuk pada bentuk singa yang menjadi bagian dalam pertunjukan. Dipilihnya singa sebagai bagian dari pertunjukan bukan karena binatang ini memiliki arti penting bagi kehidupan masyarakat Subang.

Sisingaan akan digotong oleh empat orang penandu. Saat ditampilkan, kesenian ini akan diiringi oleh musik khas tanah Pasundan. Alat-alat musik seperti kendang indung, kulanter, bonang, tarompet, goong, kempul, dan kecrek akan mengiringi selama pertunjukan ini berlangsung.



........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar