Keuntungan Beternak Domba

Keuntungan Beternak Domba

MANGYONO.com -  Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari beternak Domba disamping keuntungan secara finasial kotoran domba bisa dijadikan pupuk.

Biasanya domba bisa beranak dua kali dalam 1 tahun, berbeda halnya dengan sapi yang bisa 8 bulan baru beranak sejak awal mengandung, dalam  memilih indukan harus selektif yang belum pernah beranak sebelumnya dan sehat

Keuntungan Beternak Domba
Keuntungan Beternak Domba


Domba biasanya menyukai makanan dari daunan segar seperti daun nagka, daun kacang, daun singkong, rumput - rumputan dan masih banyak lagi jenis dedaunan kesukaan kambing.  Jika pada musik kering (kemarau) saat rumput atau jenis daun-daunan semakin sulit diperoleh domba juga sangat menyukai gedebong pisang.

Modal untuk ternak binatang ini juga tidak terlalu besar dibandingkan sapi, cukup dengan modal sekitar 1,5 juta rupah  sudah bisa memulai
, hal terpenting yang perlu dilakukan sebelum memulai adalah kesiapan kandang.

Untuk membuat kandang bisa terbuat dari bambu atau kayu sesuai kebutuhan dan tersedianya dana yang dimiliki, kandang harus dibuat dengan sistem panggung untuk memudahkan membuang kotoran dan domba tidak lembab sehingga akan selalu sehat. 

Usahakan untuk membuat catatan tentang pemeliharaan ternak dengan sederhana tetapi bermanfaat tinggi. Catatan yang paling penting dalam rangka mengurangi ongkos pemeliharaan misalnya kita catat : tanggal lahir, untuk menentukan kapan harus disapih dan perkiraan kapan dapat di jual, Tanggal perkawinan induk untuk memperkirakan kelahiran, serta besarnya penggunaan uang tunai maupun pinjaman untuk biaya tetap maupun operasional pemeliharaan.

Sebaiknya disediakan juga catatan tentang penambahan dan pengurangan jumlah ternak pada waktu terentu. Misalnya, penambahan ternak dapat terjadi mealui kelahran, pembelian, penerimaan paroan, pemberian atau macam penambahan lainnya. Sedangkan penguarangan dapat terjadi karena kematian. Penjualan, membayar paroan, diberikan, atau dikonsumsi.

Penggunaan catatan produksi mengatasi keraguan-keraguan dalam membuat keputusan. Keputusan yang baik dan terencana biasanya mendatangkan manfaat yang besar. Beli anak lepas sapih untuk digemukan atau induk bibit yang baik untuk pengganti yang tua.

Usaha apapun asal dilakukan dengan penuh kesungguhan akan berbuah kesuksesan dan menguntungkan.... Betul tidak?.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar