Wisata Alam Curug Cileat, Subang. Curug Tertinggi di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Wisata Alam Curug Cileat, Subang. Curug Tertinggi di Kabupaten Subang

Kabupaten Subang memiliki keistimewaan objek wisata air terjun (curug). Ada beberapa curug yang terdapat di Kabupaten Subang yaitu Curug Cileat, Curug Bentang, Curug Cipalias, Curug Cibareubeuy, Curug Paok, Curug Ponggang, Curug Kembang, Curug Cina, Curug Cijalu, Curug Putri dan masih banyak lagi

Curug Cileat memiliki ketinggian ± 150 m dan debit airnya sangat deras. Tumpahan airnya membentuk sebuah kubangan atau kolam yang sangat besar dengan radius hampir 40 meter sehingga pengunjung dapat bermain air dan berendam di dalammnya.  Curug Cileat ini terdiri dua buah air terjun yang berdampingan menempel di atas tebing batu, Curug yang satu debit airnya tidak terlalu besar sedangkan curug satunya lagi jatuhan airnya cukup deras dan besar. 

Wisata Alam Curug Cileat, Subang. Curug Tertinggi di Kabupaten Subang
 Wisata Alam Curug Cileat, Subang. Curug Tertinggi di Kabupaten Subang

Setiap curug tentu memiliki keunikan tersediri termasuk Curug Cileat yang menjadi curug tertinggi di Kabupaten Subang, tepatnya di kampung Cibago, Desa Mayang Kecamatan Cisalak. 

Jarak tempuh untuk mencapai lokasi curug tersebut sekitar 3 kilometer dari pemukiman warga. Cukup lumayan memang, namun pesona yang ditawarkan Curug Cileat yang masih asri tidak membuat nyali ciut para wisatawan untuk menelusuri keindahan curug tertinggi tersebut.

Sebelum mencapai curug anda harus berjalan kaki nelewati jalan setapak yang menanjak sejauh 5 km melewati pesawahan dan hutan. Tapi jangan khawatir meskipun perjalanannya jauh, anda bisa beristirahat beberapa kali di beberapa tempat menarik. Sebelum mencapai curug cileat anda akan melewati 3 curug lainnya, yang bisa anda gunakan sebagi tempat beristirahat.

Memurut pengelola Curug Cileat, terdapat satwa endemik yang dilindungi seperti owa jawa, surili, elang jawa dan macan tutul. Namun, wisatawan tak perlu risau akan hal itu, sebab habitat satwa tersebut jauh berda dipedalaman hutan dan tidak membahayakan selagi manusia tidak mengganggunya.

Letih perjalanan sejauh 5 Km seketika terobati. Air terjun yang begitu indah dengan ekosistem yang masih terjaga menjadi pemandangan luar biasa.

Airnya yang deras membuat pakaian basah kuyup, walaupun berjarak sekitar 50 meter dari air terjunnya. Namun, air yang sangat dingin ditambah udara yang menusuk tulang membuat menggigil tetapi sukses membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahan alamnya.

Kawasan wisata curug Cileat secara administratif masuk ke wilayah Desa Mayang, Kecamatan Cisalak. Dari Jalan Raya Cagak – Cisalak arahkan kendaraan anda menuju kampung Cibago, desa Mayang. Di kampung Cibago inilah anda harus memarkir kendaraan sebelum berjalan kaki menuju curug.

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar