Skip to main content

Perawatan, pemupukan budidaya pepaya

Sampurasun ...

Perawatan budidaya pepaya

MANGYONO.com - Perawatan budidaya pepaya ini merupakan tanaman pepaya admin di kebun belakang rumah. Merupakan tulisan lanjutan tentang Menanam pepaya di kebun belakang rumah

Menurut para master pembudidaya pepaya... Didalam budidaya pepaya ada istilah penyulaman yaitu menanam bibit pepaya pada tanaman yang kurang baik pertumbuhannya atau bahkan tanaman pepaya mati... Penyulaman tanaman dilakukan setelah tanaman berumur 1,5 bulan sejak tanam. Tanaman yang tumbuhnya jelek atau berpenyakit dicabut dan diganti bibit baru. Apabila menggunakan metode dua bibit dalam satu lubang tanam, tinggal mencabut tanaman yang terlihat tidak bagus pertumbuhannya.

rawatan budidaya pepaya. Tanaman pepaya admin di kebun belakang rumah.
 Perawatan budidaya pepaya.  
Tanaman pepaya umur 2 minggu 
di kebun belakang rumah admin.

Nah, cara mengetahui tanaman yang perlu disulam yaitu :
  • Mengamati saat pohon berbunga untuk pertama kalinya. Bunga tumbuh pada ketiak daun. Bila bunga yang tumbuh tunggal, berarti bunga betina atau bunga sempurna. Bunga ini keluar saat umur 4 bulan. Bila berkelompok atau dalam rangkaian berarti jantan, pohon harus dicabut dan disulam dengan bibit lain.

Perawatan budidaya pepaya. Tanaman pepaya umur 2 bulan di kebun belakang rumah admin sudah keluar bakal bunga.
 Perawatan budidaya pepaya.  
Tanaman pepaya umur 2 bulan di 
kebun belakang rumah admin sudah keluar bakal bunga.

  • Petik bunga tersebut kemudian tekan ujungnya dengan ibu jari hingga terbuka, bila bunga yang keluar jantan pohon berarti ini adalah pohon sempurna yang akan dipertahankan. Bunga sempurna akan muncul 1-2 bulan kemudian.
  • Bila setelah ditekan keluar bunga betina, berarti pohon ini pohon betina. Berarti harus dicabut.

Kemudian sulam tanaman yang dicabut tersebut dengan bibit baru. Pemupukan susulan dimulai 2 minggu setelah bibit dipindahkan. Pemupukan diberikan dengan cara menggali tanah berupa parit melingkari tanaman pepaya. Untuk kedalaman parit kurang lebih 10 cm, selanjutnya campuran pupuk diletakkan pada parit tersebut. 

Pemupukan budidaya pepaya pada tahap pertama yaitu, umur 2 minggu setelah tanam, per pohon:
Urea 30 gr, 
TSP 40 gr, 
ZA 40 gr
KCl 20 gr


Pemupukan kedua, umur 1 bulan, per pohon:
Urea 40 gr, 
TSP 70 gr, 
ZA 70 gr 
KCl 30 gr


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar