Cara menanam kemangi di pekarangan rumah

Sampurasun ...

Cara menanam kemangi di pekarangan rumah

MANGYONO.com - Saya itu suka menanam tanaman, menanam dari anakan/tunas atau bahkan menyemainya dari biji, banyak sih yang gagal, tapi lebih banyak yang berhasilnya hehehe.

Biji kemangi bisa didapatkan dari buah - buah kemangi yang sudah tua. Cara mengetahui buah kemangi yang sudah tua yaitu dengan melihat pada bagian buah sudah berwarna kecoklatan atau berwarna hijau kekuning - kuningan.

 Tanaman kemangi admin di kebun belakang rumah.
 Tanaman kemangi admin di kebun belakang rumah.

Biji kemangi yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya. Ukurannya sekitar 1 Milimiter, kecil sekali khan?. Berikut ini foto biji kemanginya...


Biji Kemangi ukurannya sekitar 1 Milimiter
Biji Kemangi ukurannya sekitar 1 Milimiter

 

Berikut cara menanam kemangi: 
i. Bersihkan lahan dari rumput dan kerikil atau batu - batu, pecahan genteng dan sejenisnya.

ii. Untuk mendapat hasil maksimal, tanah tempat budidaya kemangi tanah harus digemburkan terlebih dahulu.

iii. Gunakan pupuk kandang yang telah matang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasar. Apabila tersedia, gunakan campuran pupuk kandang dari kotoran ayam dengan kotoran kambing atau sapi. Campurkan dengan tanah secara merata. Budidaya kemangi bisa dilakukan dengan bedengan atau tanpa bedengan. Bedengan diperlukan apabila lahan yang digunakan rawan tergenang air. Drainase yang baik diperlukan untuk menjaga kesehatan tanaman

iii. Taburkan biji kemangi tersebut. Setelah selesai penaburan biji kemangi, lalu taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar