logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menyemai biji kemangi di media pot.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Tadi pagi saya melihat tanaman kemangi di rumah Boss di Jakarta sudah mengering pohonnya dan buahnya juga sudah mengering, langsung saya ambil saja untuk di semai di Rumah boss. Ups, maksud saya di taman heheh. Tapi saya tidak menyemaikhannya di tanah langsung, tetapi saya menyemainya menggunakan wadah / pot. Maklum khan di Jakarta, jadi saya nanamnya pakai Pot, kalau di kampung saya cukup di tebar di kebun belakang Rumah dah tumbuh deh, bahkan gak ditanam juga tetap ada yang tumbuh, mungkin ada pohon kemangi yang berbuah dan bijinya pada jatuh ketanah ya. Berhubung waktunya saya terburu – buru dan gak sempat untuk mengeluarkan biji – biji yang kecil di cangkangnya dan langsung menyemainya dengan cangkangnya heheh.

Berikut ini yang saya lakukan, mungkin cara saya ini ngocol ya, tapi biar dah daripada dibuang, mending ditanam hehehe. Saya itu suka menanam tanaman, bunga atau bahkan menyemainya dari biji, banyak sih yang gagal, tapi lebih banyak yang berhasilnya hehehe.

Cara menyemai kemangi di media pot.
Ini adalah biji kemangi masih ada cangkangnya dan masih ada tangkainya

Baca juga Cara budidaya atau semai Srikaya dari biji

Kalau menurut aturan penyemaian benih, maka yang dilakukan yaitu melakukan tahapan Pra-Semai, yang bertujuan agar benih tumbuh akan lebih besar. Namun saya langsung menyemai tanpa melalui Pra-Semai. 
Ini adalah biji kemangi yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya.
Ini adalah biji kemangi yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya. Ukurannya sekitar 1 Milimiter, kecil sekali khan?

Baca juga Cara budidaya atau semai Cempedak dari biji

Berikut proses menyemai : 
• Siapkan wadah semai seperti Pot / ember atau wadah lain, usahakan bagian bawah berlubang (bisa dibuat lubang sendiri kalau yang tidak ada lubangnya)

• Isi dengan media. Sebaiknya campuran media tanah, sekam halus atau pupuk organik, lalu campur menjadi satu. Basahi dahulu campuran media agar lembab.

Baca juga Cara Semai Adenium ( bunga kamboja Jepang ) dari biji

• Masukan media yang sudah dicampur tadi kedalam wadah yang sudah disiapkan untuk menyemai.

• Taburkan bibit atau biji kemangi tersebut, kalau saya ditaburkannya bersama cangkangnya hehehe. Karena waktunya terburu - buru.
Taburkan bibit atau biji kemangi ke media yang sudah di pot
Taburkan bibit atau biji kemangi ke media yang sudah di pot

Baca juga Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi

• Setelah selesai penaburan biji kemangi, lalu taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.
Taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.
Taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.

Baca juga Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

• Setelah itu siram dengan pelan dan hati – hati, jangan campai biji – biji kemangi yang sudah disemai dan ditutup media tersembul oleh air, pada saat penyiraman, selanjutnya simpan ditempat yang teduh atau bisa juga dengan menutup atas media pot dengan pelastik atau kardus, agar tanah semaian lembab terus dan tidak menguap.
Siram dengan pelan dan hati – hati
Siram dengan pelan dan hati – hati

Atau silahkan kunjungi juga Cara penyemaian macam - macam tanaman atau bunga di blog saya

Cara ini bisa dipraktekan untuk sobat yang tidak mempunyai pekarangan / halaman rumah, yang tinggal di Perkotaan, jadi cukup menanamnya di Pot sudah bisa merasakan dan memetik kemangi. 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

Kemangi kalau di kampung sayamah namnya Surawung,cocok dijadikan lalapan coel sambel goreng Lele atawa belut pokonamah maknyuzzzzzzzz

Balas

Saya suka sekali dengan Sirawung/kemangi nih Mang wah ada caranya ya
Buat tanam di medi pot. saya coba Makasih infona Mang Yono :)

Balas

enak ya mang bisa nanam sendiri kemangi di rumah

Balas

kemangi berjejer berderet-deret di samping halaman rumah, khusus ditanam buat saya mencocol sambel gorang terasi peteuy mang

Balas

kalau surawung...ditempat saya mah buat ngasih julukan sama orang anu teu uyahan...mang

Balas

Betul sekali Kang Dede, surawung / kemangi, bisa di pakai lalapan juga hehehe

Kang lembu, emangnya orang pakai uyah ya? heheheh

Balas

Kalau surawung / kemangi bisa di sebar di kebun juga kang, asal jangan di kebun tetangga aja heheheh

Balas

Ini saya nanam di Rumahnya Boss saya di daerah Jakarta mbak heheh

Balas

Iya kang saya juga kalau di Kampung malah gak di pot cukup ditebar bijinya di kebun belakang rumah, dan tumbuhnya berjubel, ini saya tanam di Rumahnya Boss di Jakarta Kang hehhe

Balas

karena saya suka makan dengan lauk daun kemangi, nanti langsung saya praktekkan Mang, kebetulan tetangga banyak kemangi yang sedang berbunga

Balas

aku dulu pernah menyemai juga,,,tapi sayangnya mati kemangiku mang,,,,

Balas

ngomongin biji kemangi bagi saya lebih suka kalau biji kemangi di semai di mangkuk sama gula jawa, tapai ketan, cendol dan es batu. Biji kemangi jadi seperti endok kodok dan krenyes krenyes saat kena gigit. Seger.. Bener.. .

Balas

biasanya kemangi untuk lalapan

Balas

kalau sama gudag sambel goreng cocok kagak yah

Balas

Silahkan kang, tapi nanti ngambil ditetangganya bilang dulu ya hehehe

Untuk sambal tempe bosok juga bisa mas xixixi

Balas

Kok bisa mati mbak, padahal kemangi tinggal di taburkan saja, mungkin nyiramnya pakai air panas kali ya heheheh..

Tapi gagal sekali gak masalah mbak, khan kegagalan awal dari kesuksesan ... betul tidak?

Balas

Nah itu betul kang, paling nikmat makan es biji kemangi / selasih ... direndam dulu khan biji kemanginya hehehe

Balas

aya nu leuwi gampang mang, tinggal di stek mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger