Cara Pematangan Mangga Secara Alami Dengan Daun

Sampurasun ...

Cara Pematangan Mangga Secara Alami Dengan Daun 

MANGYONO.com - Ketika musim mangga seperti saat ini, tentu banyak mangga yang bisa dipetik. Nah, bagi sobat yang ingin segera mencicipi buah mangga yang rasanya manis dan wangi, tentunya sobat perlu membuat mangga tersebut agar cepat matang atau masak secara alami.

Nah, agar buah mangga bisa matang dengan cepat dan rasanya manis, saat memetiknya dari pohon, tentunya perlu memperhatikan buah mangga yang sudah siap dipetik. Usahakan untuk memetik atau memilih buah mangga yang sudah tua dan siap untuk dimatangkan. Biasanya, buah mangga yang sudah siap dimatangkan, beberapa buah mangga akan berwarna hijau gelap keabu-abuan dan seolah ada selaput putih di kulit mangga. Tapi, ada beberapa jenis mangga yang kulitnya akan menjadi kekuning-kuningan. Baca Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua

Cara Pematangan Mangga Secara Alami Dengan Daun
Cara Pematangan Mangga Secara Alami Dengan Daun. 
Foto jepretan admin di kebun belakang rumah


Setelah melakukan pemetikan buah mangga yang tua selanjutnya proses mematangkan dengan cara alami, yang saya akan menggunakan daun - daun untuk membantu proses pematangan mangga tersebut.

Daun yang digunakan untuk mematangkannya menggunakan bisa menggunakan daun ketela pohon, daun Johar, daun Jarak - jakarta dan lain sebagainnya. 

Ingin buah Mangga cepat matang dan rasanya manis?. Caranya cukup mudah, berikut caranya
i. Siapkan daun - daun, lalu letakkan di dalam wadah/kardus untuk dijadikan alas. 
ii. Masukkan buah mangga ke dalam wadah/kadus bersama daun-daun, dan bagian dinding wadah diberi daun - daun sebagai alas.. Seperti FOTO 1 dibawah ini..

FOTO 1 : Masukan mangga... Daun sebagai alas bawah, pinggir dan atas.
FOTO 1 : Masukan mangga... Daun sebagai alas bawah, pinggir dan atas.

ii. Bagian atas diberi daun - daun dan di tutup menggunakan karung/atau plastik. Seperti FOTO : 2 dibawah ini..

FOTO 2 : Bagian atas tutup menggunakan karung
FOTO 2 : Bagian atas tutup menggunakan karung


iii. Tunggu beberapa hari dan buah mangga pun matang dengan sendirinya. Selain bisa mematangkan mangga, daun - daun ini bisa mematangkan buah lain seperti pisang, sirsak dan sawo.


Cara ini dipraktekan admin pada hari Minggu 13 November 2016... Mungkin sekarang sudah matang, mungkin juga mangganya sekarang dah habis sama keluarga saya... hehehe


Baca juga : 
Cara pematangan mangga secara alami dengan beras 
Cara pematangan pisang secara alami 
Cara pematangan pisang dengan ditimbun tanah



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar