--> Skip to main content

Cara Pematangan Pisang Dengan Ditimbun Tanah

Sampurasun ...

Cara pematangan pisang dengan ditimbun tanah

MANGYONO.com - Di kampung sebelum dimulai hajatan/ resepsi kecil atau besar, gak bisa lepas dari yang namanya pisang. Pisang sudah menjadi bahan yang wajib, selain opak, rangginang dan wajit. Ini untuk hidangan atau berekat yang dibawakan tamu yang datang.

Dulu sebelum adanya karbit, untuk mematangkan pisang dalam jumlah banyak biasa memakai kubangan yang ditimbun dan dilakukan pengasapan. Pisang yang diambil mentah, supaya bisa cepet matang biasa di timbun atau diperam dalam kubangan. Pisang yang diperam di kubangan yang ditimbun bisa matang satu hari satu malam atau paling lama dua hari dua malam. Dalam pemeraman pisang dikubangan yang ditimbun gak memakai karbit tapi memakai asap yang diarahkan ke dalam pisang melalui lobang. Hasil dari pisang yang dimatangkan dengan cara ini lebih wangi dan mani, matangnya merata... Mungkin karena efek dari asap ya.

Cara pematangan pisang dengan ditimbun tanah
 Cara pematangan pisang dengan ditimbun tanah

Cara pematangan pisang dalam kubangan lumayan gampang. Cuma menyediakan bahan yang diperlukeun, diantaranya : 
  • Cangkul untuk menggali lobang
  • Pisang yang akan diperam/dimatangkan yang jumlahnya puluhan. Pisang yang akan diperam sebaiknya dibuat sisiran dulu (dipotong tiap sisir dalam pertandannya).
  • Beberapa gedebong pisang untuk penyangga bagian atas sebelum ditimbun tanah
  • Nyiru/hihid untuk ngahihidan asap.


Cara pematangan pisang dengan ditimbun dan diasap.
i. Yang pertama dimulai yaitu membuat lubang galian tanah. Untuk ukuran tisesuaikan dengan jumlah pisang yang ingin dimasukan untuk diperam. Sedangkan tinggi galian lobang kira - kira 0,5 - 1 Mtr

ii. Selanjutnya setelah pembuatan lubang galian selesai, untuk alas diberi daun pisang kira-kira dua lapis. Dinding bagian sisinya juga diberi lapisan dari daun pisang. 

iii. Setelah selesai pisang - pisang yang ingin diperam ditumpuk rata dalam kubangan yang sudah dilapisi daun pisan tadi. 

iv. Selanjutnya sisiran pisang yang ditumpuk ditutup daun pisang ditutupan maké daun cau deui. Diatas tumpukan daun pisang ditumpuk lagi batang pisang/gedebong yang sudah dibelah dua dengan berjejer. 

v. Setelah selesai ditutup, selanjutnya ditimbun menggunakan tanah sampai rata, tapi disisakan lubang kira - kira berukuran 10 cm untuk pengasapan.

vi. Selanjutnya tahap pengasapan melalui lobang yang ukuran 10 cm tadi. dengan membuat durukan atau perapian. Setelah nyala apinya dan asapnya banyak, asap tersebut dimasukan dengan cara "dihihidan" dikipas menggunakan nyiru atau hihid supaya asap masuk kedalam kubangan. Pengipasan asap kira - kira 5-10 Menitan. 

vii. Setelah selesai, tutup lubang atau disampal. Ulangi cara pengasapan di hari kedua. Supaya pematangan pisang maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments