--> Skip to main content

Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Sampurasun ...

Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat

MANGYONO.com -  Kecamatan Blanakan adalah kecamatan di Kabupaten Subang., Provinsi Jawa Barat. (Kodepos : 41259)

Kecamatan Blanakan berdiri pada tahun 1984, setelah dimekarkan dari Kecamatan Ciasem.

Batas Wilayah Kecamatan Blanakan, yaitu :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan kecamatan Ciasem
  • Sebelah Timur berbatasan dengan kecamatan Sukasari
  • Sebelah Barat berbatasan dengan kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang
PETA : Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat
PETA : Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat



Wilayah Blanakan mencakup 9 desa, yaitu :





Di kecamatan Blanakan terdapat tempat rekreasi wisata penangkaran Buaya Blanakan. Penangkaran buaya Blanakan adalah penangkaran jenis buaya muara yang dikelola oleh Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

Kawasan penangkaran buaya ini memiliki areal total 8 Ha dengan sejumlah kolam dan areal hutan pesisir. Disini terdapat setidaknya 230 ekor buaya jantan dan betina lengkap dengan habitat lingkungannya. Di antarabuaya-buaya itu ada satu buaya yang menjadi maskot untuk menarik para pengunjung dengan "atraksi" nya dan juga karena memang ukuran nya yang super besar di banding buaya lainnya, pengelola menamainya si "Baron". 

Pengelola penangkaran buaya juga menyajikan kuliner laut khas blanakan, yaitu ikan bakar etong, cumi dan kepiting, yang di sajikan di warung-warung yang tertata rapi.

Di Kecamatan Blanakan terdapat tradisi Ruwat Laut. Tradisi Ruwat Laut yang dilaksanakan setiap setahun sekali sebagai wujud rasa syukur dan pengharapan atas hasil laut serta keselamatan yang diperoleh para nelayan. Biasanya berlangsung sepekan dan di ikuti oleh ratusan nelayan.





Data dari  Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat masih minim, mungkin bisa sobat tambahkan dengan mengirimkan data atau kegiatan dari kecamatan tersebut atau Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Subang ke (email  : blogmangyono@gmail.com) / Inbox Facebook ( Mang Yono ). Bisa mengirimkan Foto asli jpretan sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang  Yono ( BIAR MAKIN KEREN KABUPATEN SUBANG-NYA ). 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments