--> Skip to main content

Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Sampurasun....

Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

MANGYONO.com - Ciasem adalah kecamatan di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos : 41256. 

Kecamatan Ciasem terletak di sebelah utara dari kota Subang. Berada di tengah-tengah antara Cikampek dan Pamanukan. Daerah ini dilintasi jalur pantura.
 
Kantor kecamatan Ciasem berada di Jl. Jend. A. Yani no. 61 Sukamandi. Di Sukamandi pula berdiri PT. Sang Hyang Seri (persero) yang mewarisi bekas perkebunan Swasta asing (Inggris) "Pamanoekan & Tjiasemlanden" .



PETA : Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat
PETA : Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat


Sejarah Ciasem Jaman Penjajahan Belanda
Pasca runtuhnya kerajaan pajajaran, wilayah Subang menjadi rebutan berbagai kekuatan. Pada saat konflik Mataram-VOC, wilayah kabupaten Subang bagian Utara, dijadikan jalur logistik bagi pasukan Sultan Agung yang akan menyerang Batavia. Sebelumnya sekitar tahun 1624 Sultan Agung mengutus Surenggono (Aria Wirasaba) dari Mojo Agung Jawa Timur untuk berangkat ke Karawang dengan membawa 1000 prajurit dari mataram melalui Banyumas untuk tujuan membebaskan Karawang dari pengaruh Banten. 

Dari Banyumas perjalanan dilanjutkan melalui jalur utara, jalur yang mereka lewati adalah Tegal, Brebes, Cirebon, Indramayu, Ciasem, dan Karawang. Di Ciasem ditinggalkan sekitar 400 prajurit, Saat itulah terjadi percampuran budaya antara Jawa dengan Sunda ,karena banyak tentara Sultan Agung yang urung kembali ke Mataram dan Menikah dengan wanita setempat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka kemudian banyak membuka lahan sawah 

Pada tahun 1771, saat berada di bawah kerajaan Sumedanglarang, di Subang tepatnya di Pagaden, Pamanukan, dan Ciasem tercatat seorang bupati yang memerintah secara turun temurun. Saat pemerintahan Sir Thomas Stamford Raffles (1811-1816) konsensi penguasaan lahan wilayah subang diberikan kepada swasta Eropa. Tahun 1812 tercatat sebagai awal kepemilikan lahan oleh tuan-tuan tanah yang selanjutnya membentuk perusahaan perkebunan Pamanoekan en Tjiasemlanden (P & T Lands). Penguasaan lahan yang luas ini bertahan sekalipun kekuasaan sudah beralih ke tangan pemerintah Kerajaan Belanda . Lahan yang dikuasai itu mencapai 212.900 Ha

Baca : Daftar Nama Kecamatan, Kelurahan/Desa & Kodepos, Di Kota/Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), Republik Indonesia

Kecamatan Ciasem dibentuk dari 9 desa, yaitu :
Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem


Data dari  Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat masih minim, mungkin bisa sobat tambahkan dengan mengirimkan data atau kegiatan dari kecamatan tersebut atau Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Subang ke (email  : blogmangyono@gmail.com) / Inbox Facebook ( Mang Yono ). Bisa mengirimkan Foto asli jpretan sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang  Yono ( BIAR MAKIN KEREN KABUPATEN SUBANG-NYA ). 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments