logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam atau semai Anggur dengan stek

Sampurasun..... Rampes.....

Blog Mang Yono. Masih tentang Tanaman nih, Kali ini Blog Mang Yono mau nulis tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek.

Menyemai atau menanam anggur dapat dilakukan dengan dua cara yaitu stek dan biji, kalau cara semai biji sayah belum pernah, tapi kalau cara semai stek sudah pernah, tidak terlalu sering sih, tapi minimal ngerti lah caranya ... hehehe. Baca Cara dan Tips menanam pohon anggur di halaman rumah.

Cara menanam atau semai Anggur dari stek

Tadi ada yang nanya dari akun facebook  namanya bu Guru Yuli asli Yogyakarta dan mengajar di SMPN 3 Subang. 

Menanyakan tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek, ya sudah mamang kasih gambarannya saja, kalau ingin jelas tinggal cari saja di Mbah Google ya bu?... hehehe.


Nah untuk caranya, yuk kita mulai, langkah pertama biasa siapkan gula plus kopi  terus diseduh pakai air panas, ini untuk menemani semai stek anggur, biar tidak ngantuk ... sob... hehehe.


Cara menanam atau semai Anggur dari stek

Tadi ada yang nanya dari akun facebook  namanya bu Guru Yuli asli Yogyakarta dan mengajar di SMPN 3 Subang.

Menanyakan tentang Cara menanam atau semai Anggur dengan stek, ya sudah mamang kasih gambarannya saja, kalau ingin jelas tinggal cari saja di Mbah Google ya bu?... hehehe.

Nah untuk caranya, yuk kita mulai, langkah pertama biasa siapkan gula plus kopi  terus diseduh pakai air panas, ini untuk menemani semai stek anggur, biar tidak ngantuk ... sob... hehehe.

(!). Ambil batang bibit Anggur dari pohon Indukan dengan panjang kira – kira 20 Cm.

(!!). Terus siapkan media tanam berupa arang sekam padi, pasir, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1. Disini sayah tidak memakai tanah, diganti dengan pasir, karena pasir mudah ditembus oleh akar tersebut, untuk pemilihan pupuk kanadang jangan menggunakan kotoran kambing yang masih baru, tapi menggunakan kotoran kambing, kelinci, yang sudah dipermentasikan.

(!!!). Siapkan juga pot ukuran 10 Cm atau polybag untuk tempat penyemaian stek batang anggur.

(!V) Tancapkan batang stek dalam media tanam tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa padatkan media tanam supaya batang stek tertanam kokoh.

(V). Siapkanlah plastik transparan untuk digunakan sebagai tutup batang stek. Dan usahakan semua batang stek terbungkus. Agar kelembaban pada batang stek Anggur dapat terjaga.

(V!). Siram dengan air hingga seluruh media tanam basah. Namun jangan sampai menggenang, karena akan memicu pembusukan pada batang stek. Dan letakkan semaian stek batang tersebut di tempat yang teduh jangan terkena sinar matahari.

(V!!). Apabila mata tunas sudah tumbuh dengan panjang 1 cm maka  lepaslah pelastik penutup batang stek tersebut agar pertumbuhan tunas tidak terganggu.

 (V!!!).  Apabila tunas telah mencapai panjang 8 atau 10cm , maka pindahkan bibit ke tempat yang terkena sinar matahari pagi. Sampai jam 9 pagi, dan jangan terkena mata hari siang karena akan mengakibatkan kelayuan pada stek Anggur.  

 


Nah, apabila tunas telah mencapai 20atau 25 Cm pindahkan ke  lahan tanah pekarangan rumah atau  kebun.

Siapkan tempat rambatan bisa menggunakan tambang yang dibentangkan menyilang atau kawat yang dibentangkan ataupun bisa juga dengan belahan – benahan bambu yang dianyam dengan kotak 20 Cm x 20 Cm, kalau ini tergantung selera masing – masing... eheheh.

Untuk mempercepat tumbuh buah yaitu pemangkasan pada ranting dan dari pangkasan itu akan keluar bunga.


Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.



Tanaman anggur mamang tuh yang sebelah kiri di atas kandang burung

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

Ini pesanannya bu hehehehe

Balas

Lama tak berkunjung disini, ternyata ada guru dari jogja :d

Balas

daerah saya panas mang
g ada yg tanam anggur,,,,
dulu pernah nyoba nanam tp mati

Balas

di tempat saya juga tidak sesuai menanam anggur kerana cuaca panas.. suhu yang sesuai untuk menanam anggur berapa ya?

Balas

untuk keadaan cuaca-nya gmna mas
mohon info-nya mas

Balas

iya sob tadi pas sayah nengok ke fesbuk ada yang nanya cara menanam anggur dengan stek hehehe

Balas

iya sih mbak tanaman anggur gak cocok di tempat panas

Balas

Betul Mizz tanaman anggur cocoknya pada suhu rata-rata maksimal siang hari 30 derajat C dan suhu rata-rata minimal malam hari 25 derajat C

Balas

anaman anggur biasanya tumbuh subur di daerah dataran rendah, terutama di daerah pesisir, Katanya daerah yang anginnya terlalu kencang tidak baik untuk menanam anggur. Curah hujan yang cukup tinggi dapat merusak bakal perbungaan. Tempat yang cocok untuk menanam anggur adalah yang banyak sinar mataharinya.Keadaan tanah yang cocok untuk menanam anggur adalah tanah mengandung pasir atau lempung berpasir.

kalau cuaca tidak cocok dan tanah kurang cocok tanam anggurnya di media pot saja mas kan bisa ditempatkan di tempat yang sesuai.

Balas

saya paling senang makan buah anggurnya mang kalau suruh nanem saya sih nyerah deh hehe...

Balas

berarti harus di daerah pegunungan yah mang?

Balas

Iya mas lebih praktis dan cepat saji mendingan beli hehehe... kalau nanem lama nunggu berbuahnya

Balas

lebih cocok di pesisir mas di ketinggian 500 sampai 100 m dari permukaan laut .... katanya sih

Balas

Saya lernah tanam dengan stek seperti ini...tapi sudah merambat hijau tiba2 mati
padahal sepupu saya menanam busa sampai berbuah tapi anggur hijau yang asam itu apa karena tanah agak keras dan panas ya

Balas

bagus tuh mang, nanya di fb jawab di blog

Balas

tempatsayah juga tanahnya keras jenx tapi saya campur dengan pasir tanah yang dicampur 1m x 1m cuaca tempat sayah juga sepertinya kurang tapi kadang cocok, kalau tetap mau menanam anggur coba menanam anggur di pot saja, cuaca dan tanah bisa di sesuaikan.

Balas

berarti harud teduh dong mang

Balas

tutorial yang menarik dan oke banget dari mang yono.
saya menunggun stek ubi cilembu dengan singkong madu...
atau stek ikan sepat dengan ikan nila..boleh juga tuh

Balas

itu namanya sudah LINTAS SOSIAL MEDIA

Balas

koq mamang hebat terus ya?

Balas

stek mamang yono aja Mas, kloning.

Balas

itu hanya pengalaman sayah mas, entah itu tutorial sesuai para pakar atau master anggur atau tidak, nah kalau stek ubi cilembu dengan singkong sayah serahkan saja kepada ahlinya, kang Hadi, kalau ikan sepat dengan ikan nila bisa langsung pakai bumbu, bawang, garam, gula, kunyit,asam dan panggang deh hehehe

mas zach... sayah di stek nanti ada panci melayang mas ehehhe... cocknya di kawinkan hehehe.

Balas

tapi belum tentu betul salahnya cara itu mas, tapi menurut sayah sih betul... contohnya tuh pohon anggurnya subur makmur dan berbuah, tapi harus rajin pangkas setelah berbuah, karena setelah dipangkas keluar pucuk dan bunga, kalau tidak dipangkas gak keluar bunga, keluar sih keluar tapi ndak lebat...

Balas

Iya mas agus, kan menarik pengunjung, kadang kadang suka berkunjung ke Blog saya hehehe.

Iya kang Asep, menggabungkan dua dunia ya heheheh

Balas

nggak juga mas, tempat saya juga panas ding, kalau mau praktis tanam di pot saja mas, kan bisa dipindah pindah, kalau malam bisa di bawa ke dalam rumah heheehe

Balas

apalagi kalau nanamnya dari bibit kelamaan nunggu berbuahnya yah mang hehe...

Balas

baru saya tahu.. terima kasih informasinya.. memang tidak sesuai cuaca di tempat saya untuk menanamnya..

Balas

wah dulu saya pernah nanam anggur mang, tapi kok pohonnya nggak besar-besar ya. Aneh dech %_%

Balas
avatar
Indaru Puji Astuti

Say pny pohon anggur d.depan rmh, dlo karna baru pindahan pohon.a mungkin beradaptasi jd mati/ga da daun.a.. Stlah bbrapa bln,skrg jd muncul daun2 baru..
Kira2 bisa berbuah tdk?
Klo mw pakai mecin,cara.a bgmnh?

Trims..

Balas

mungkin kurang sinar matahari, kurang penyiraman atau kurang pemupukan hehe

Balas

semua pohon anggur bisa berbuah, tergantung perawatannya hehe ..

untuk menjadikan pohon anggur berbuah, tiap hari disiram selama tujuh hari, setelah pemangkasan ranting dan dahan, nah setelah tujuh hari baru berenti penyiraman selama 1 minggu, nanti akan muncul tunas dan sekaligus bunga, untuk pemberian mecin ditaburkan di dekat batang, penaburan setelah pemangkasan. ini sesuai pengalaman saya hehe

Balas

steknya dibawah buku atau di atas buku batang mas

Balas

Mang, kalo aq motong batang bibit terus tak tamcep langsung ketanah bisa tumbuh gak mang?
Anggur ijo mang, seger klo dimakan panas2...

Balas

tentunya dibawah buku, karena akar akan tumbuh pada buku tersebut, untuk stek biasanya saya memotong dengan panjang 15 - 20 cm

Balas

bisa mas, tapi kemungkinan tumbuh kecil sekali, sebaiknya ditanam di pot dulu aja kalau pot khan bisa diletakan di tempat teduh dulu

Balas

mantep...nyobian ah nanam anggur...

Balas

mang saya nanam stek anggur, pas tunbuh tunas langsung ada bakal buah, normal itu gak??

Balas

silahkan Mas... semoga berhasil ya

Balas

kalau tunas pertama mending dibuang aja sob, biar cabang dan batangnya tumbuh subur.. kecuali mau di kerdilkan hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger