logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara dan Tips menanam pohon anggur di halaman rumah.

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Buah Anggur atau nama ilmiahnya Vitis vinifera atau kalau bahasa inggrisnya disebut grape merupakan tanaman asli di daerah sub tropis.  Namun anggur bisa juga dibudidayakan di daerah tropis seperti di Indonesia dan saya coba ditanam di Jakarta. Tanaman anggur bisa juga dijadikan tanaman hias makanya saya tanam dihalaman depan rumah.

Tanaman Anggur termasuk tanaman yang cukup mudah dibudidayakan. Bahkan di beberapa daerah sudah menjadi sentra perkebunan anggur.  Nah sa’at ini saya akan  mencoba menulis bagaimana bertanam anggur di halaman rumah atau di pekarangan rumah yang lahannya terbatas alias sempit bin minimalis hehehe. 

Cara dan Tips menanam pohon anggur di halaman rumah.  

Karena Anggur adalah tanaman merambat dan ukurannya juga tidak sebesar pohon mangga atau pohon durian, otomatis untuk hanya memerlukan lahan yang sedikit saja, ukuran 20 x 20 x 20 cm pun sudah cukup untuk menanam setiap pohon anggur.  Anggur umumnya bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di daerah-daeraah yang musim keringnya panjang.

Bibit anggur sangat mudah didapatkan bagi yang tidak mau repot menyemai sendiri.  Anda – andini bisa menghubungi penjual tanaman hias, bibit anggur tersebut bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.  Saat ini bibit anggur hijau dan merah cukup terjangkau harganya, sekitar Rp 10.000 s/d 15.000 per pohon.Kalau saya karena punya Pohon anggur indukan, ya semai sendiri lah dengan menggunakan stek batang seperti pada postingan saya sebelumnya tentang Cara memperbanyak pohon anggur dengan stek batang indukan.

Ini saya tanam dihalaman rumah Bos saya di daerah Jakarta, pohon anggur yang saya tanam jumlahnya sekitar 4 pohon, mudah – mudahan bisa tumbuh dan berbuah.

Cara penanaman di halaman Rumah: 
Pertama kita mulai dengan pembuatan media tanaman berupa pembuatan lubang 20 x 20 x 20 cm.

Pembuatan media tanaman berupa pembuatan lubang 20 x 20 x 20 cm.

Kedua   diisi pupuk kompos atau arang sekam padi. jangan menggunakan pupuk kandang, karena menimbulkan panas. Yang ingin tahu cara pembuatan sekam padi, silahkan baca di postingan saya tentang Cara membuat arang sekam padi


Pengisian pupuk kompos atau arang sekam padi.


Ketiga bibit tananam anggur di polybag atau pot semai dibuka pelan-pelan lalu dimasukkan ke tanah hingga rata dengan tanah. Pembukaan polybag atau pot harus pelan-pelan dan jangan sampai merusak apalagi patah dan putus akar tanaman anggurnya.

Hasilnya sebagai berikut


Tanaman anggur memang membutuhkan air namun jangan sampai terjadi genangan air. Sejak awal pertumbuhan disiram 2 kali sehari, kecuali hujan, meskipun Anda – andini menyiramnya pakai payung hehehe. Nanti kalau sudah tumbuh sebulan sebelum dipangkas, penyiraman agar dihentikan.

Dua-tiga hari setelah dipangkas tanaman anggur diberi mecin dan tanaman disiram air lagi sebanyak-banyaknya.

Setelah tanaman berumur satu tahun, tunas cabang pokok disebut cabang primer dipangkas dan disisakan 0,5 meter. Tunas cabang sekunder menghasilkan cabang tersier yang tumbuh bersama bunga yang selanjutnya menghasilkan buah. 

Silahkan baca juga : Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

mang,,pohon anggurku dulu juga gitu nanemnya,,sempat menjalar,,tapi bertahun tahun kok nggak berbuah ya kang,,,kira2 apanya yg salah??? masak nggak cocok ama tempatnya ??

Balas

Mungkin tidak dilakukan pemangkasan ya mbak, anggur khan kalau mau berbuah harus di pangkas setelah tanaman berumur satu tahun, tunas cabang pokok disebut cabang primer dipangkas dan disisakan 0,5 meter.

Balas

insyaallah saya mau nyoba nanam di magelang,tapi suhunya dingin kalau malam,kira kira bisa berbuah nggak ya?,soalnya saya cari cari info di daerah saya belum ada kebun anggur,adanya di jogja

Balas

tak ada waktu tuk berbuat seperti itu mang, tapi mungkin bila santai boleh dicoba :)

Balas

Wah dulu saya pernah nanam di depan rumah, cuma kok buahnya dikit ya, apa mungkin kurang subur atau iklimnya gak cocok?

Balas

selamat Sore mas, saya dari dulu ada rencana untuk tanam Anggur di kebun saya Mas tapi sampai sekarang belum dapat bibit Anggurnya...

Balas

d pangkas apanya om ?

Balas

terimakasih kang infonya...

Balas

Maaf ikut gabung, saya punya pohon anggur, setiap berbuah menjelang mau dipetik buahnya layu dan rontok.... apa terlalu buah tua atau kurang pupuk ya... kalo bisa kasih tahu penyebabnya, Gan...
.

Balas

Saya punya pohon anggur 1 dan sudah hampir 3 thn... beberapa bulan terakhir berbuah lumayan banyak... tetapi udah sampai buah berwarna keungu"an, saya biarkan saja biar sama berwarna sama dalam satu tandan. Tp kok malah mulai layu dan rontok buahnya.... kira" apa penyebabnya... kalo ada yg tau penyebabnya kami minta infa dan sarannya.. terima kasih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger