logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati

Sampurasun ….. Rampes …. 

Blog Mang Yono. Kita kembali lagi pada cerita tentang Bunga, setelah sebelumnya saya menulis tentang Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot. Meskipun ini bunga bukan bunga saya, tapi bunganya Boss saya yang dipajang di depan rumahnya, memangsih kadang – kadang saya suka ikut utak - atik ini bunga, dari mulai pemupukan sampai pembersihan daun biar mengkilap, dengan cara diseka.

Nama bungannya Anthurium atau dengan nama tenarnya Bunga Gelombang cinta, ini adalah jenis tanaman hias yang banyak diminati pada masanya, dulu Bunga Gelombang Cinta / Anthurium ini harganya wah. Dan banyak diburu oleh pecinta bunga.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati

Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam Aglaonema / Donna Carmen, Philodendron / Pohon Cinta, Keladi hias, dan alokasia. Anthurium bisa ditanam indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (dihalaman rumah dan taman).

Akan tetapi, sebaiknya tanaman ini dipelihara di tempat teduh karena tanaman tidak tahan sinar matahari langsung. Media tanam untuk Bunga Gelombang Cinta yaitu Humus, pupuk kandang dan pasir.
Untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium :
(1). Pertama seperti biasa siapkan Gula dan Kopi langsung diseduh dengan air panas, ini buat menemani penanaman  Bunga Gelombang Cinta / Anthurium biar tidak mengantuk hehehe

(2).  Sediakan pot dan media tanam untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium. Siapkan pecahan genteng sebagai alas media tanam dalam pot, ini berpungsi untuk menyaring media tanam agar tidak hanyut pada saat penyiraman.

(3). Pecahan genteng atau potongan gabus dimasukkan kedalam dasar pot. Lalu diisi media tanam hingga setengah dari tinggi pot.
(4). Masukan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium yang siap ditanam, lalu ditambahkan media tanam 3 - 5 cm dari permukaan bibir pot.
(5). Selanjutnya tanaman diletakkan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari. Lalu siram hingga basah. Media tanam yang baik bakal langsung mengalirkan air siraman yang berlebih melalui lubang drainase di dasar pot.
Bunga Gelombang Cinta

Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Setelah ditanam, tanaman dipelihara dengan menyiram  2 hari sekali. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik. Untuk pembersihan daun agar terlihat bersih dan mengkilap,  yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk, ini bertujuan untuk memberikan nutrisi atau vitamin untuk daun,

Caranya :
(a). Ambil susu bubuk / susu cair secukupnya.

(b). Lalu tambahkan dengan menggunakan air
.
(c). Aduk sampai tercampur.

(d)..Celupkan spon kedalam larutan susu yang sudah tercampur tadi, dan langsung lap atau seka daun Gelombang Cinta tersebut sampai merata.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

Punya Ibu sy hampir ga terurus lg mas dulu mahal sekali tuh hargax ya.

Balas

Ternyata mengurus tanaman hias gelombang cinta itu seperti itu ya kang ? terimakasih ya Kang atas ilmu pengetahuannya. :D

Salam

Balas

di rumah saya bagus-bagus tuh Mang aglaonema. alus2 daunnya. keren pokoknya. kayak mamang.

Balas

waahh anaknya nih yang kita salahin dong

Balas

dulu bunga ini harganya fenomenal banget....

Balas

waduh sayang banget Mbak, coba dikasihkan ke saya bungannya ... iya khan mas Zach

Balas

betul begitu mas, istri sendiri saja jarang di lap - lap, ini dilapnya pakai susu eheheh ...

Sama - sama

Balas

boleh dong dikirim ke saya satu mas hehehe

Balas

betul sekali sob, banyak orang yang memborong bunga ini... tapi sekarang sepi ya?

Balas

cantik cantik kok malas ngurus bunga...huh
dasar anak manja :D

Balas

padahal cuma daunnya...tapi kok bisa mahal ya waktu itu kang

Balas

Iya bang sampai tua muda ikut berburu bunga gelombang cinta

Balas

Hullo cantik!?..harus belajar tanggung jawab.

Balas

Saya dulu punya satu bagus banget daunnya, ga tau klo ga boleh kena sinar langsung. Taruh di teras, kuning jadinya.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Berhubung gelombang cinta di kebon berbuah dan bijinya banyak, saya iseng nanem di dalem aquascape. Dan trnyata brhasil numbuh, mulai keluar daun kecil. Semoga bisa terus numbuh dan jadi gelombang cinta versi air :D

Balas

Ya iyaalaaaah.....mending ngurus anaknya drpd ngurus bunga......; )

Balas

Mksh mas ganteng uda ksi pengtahuan untk merawat bunga smpe cantiq ksya mama sya hehe... sangat bermanfaat bgt.. di tggu post selanjutnya yg lbh bermnfaat lg mas 😉

Balas

Yang penting berburu bunga cinta aj mas, bkan berburu cinta2an :-P

Balas

Emang ga boleh kena sinar matahari langsung ya? ada yg ngomong harus. klw ga kurang bagus.

Balas

Susah nggak sih kak cara merawat bunga gelombang cinta?Terimakasih ya kak atas informasinya :)

Balas

Saya baru beli 5 pot.100 ribu saja skrang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger