Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati

Sampurasun ….. Rampes …. 

Blog Mang Yono. Kita kembali lagi pada cerita tentang Bunga, setelah sebelumnya saya menulis tentang Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot. Meskipun ini bunga bukan bunga saya, tapi bunganya Boss saya yang dipajang di depan rumahnya, memangsih kadang – kadang saya suka ikut utak - atik ini bunga, dari mulai pemupukan sampai pembersihan daun biar mengkilap, dengan cara diseka.

Nama bungannya Anthurium atau dengan nama tenarnya Bunga Gelombang cinta, ini adalah jenis tanaman hias yang banyak diminati pada masanya, dulu Bunga Gelombang Cinta / Anthurium ini harganya wah. Dan banyak diburu oleh pecinta bunga.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium Dan Mengkilapkan Daun Supaya Terlihat Menarik Hati

Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam Aglaonema / Donna Carmen, Philodendron / Pohon Cinta, Keladi hias, dan alokasia. Anthurium bisa ditanam indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (dihalaman rumah dan taman).

Akan tetapi, sebaiknya tanaman ini dipelihara di tempat teduh karena tanaman tidak tahan sinar matahari langsung. Media tanam untuk Bunga Gelombang Cinta yaitu Humus, pupuk kandang dan pasir.
Untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium :
(1). Pertama seperti biasa siapkan Gula dan Kopi langsung diseduh dengan air panas, ini buat menemani penanaman  Bunga Gelombang Cinta / Anthurium biar tidak mengantuk hehehe

(2).  Sediakan pot dan media tanam untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium. Siapkan pecahan genteng sebagai alas media tanam dalam pot, ini berpungsi untuk menyaring media tanam agar tidak hanyut pada saat penyiraman.

(3). Pecahan genteng atau potongan gabus dimasukkan kedalam dasar pot. Lalu diisi media tanam hingga setengah dari tinggi pot.
(4). Masukan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium yang siap ditanam, lalu ditambahkan media tanam 3 - 5 cm dari permukaan bibir pot.
(5). Selanjutnya tanaman diletakkan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari. Lalu siram hingga basah. Media tanam yang baik bakal langsung mengalirkan air siraman yang berlebih melalui lubang drainase di dasar pot.
Bunga Gelombang Cinta

Bunga Gelombang Cinta / Anthurium

Setelah ditanam, tanaman dipelihara dengan menyiram  2 hari sekali. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik. Untuk pembersihan daun agar terlihat bersih dan mengkilap,  yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk, ini bertujuan untuk memberikan nutrisi atau vitamin untuk daun,

Caranya :
(a). Ambil susu bubuk / susu cair secukupnya.

(b). Lalu tambahkan dengan menggunakan air
.
(c). Aduk sampai tercampur.

(d)..Celupkan spon kedalam larutan susu yang sudah tercampur tadi, dan langsung lap atau seka daun Gelombang Cinta tersebut sampai merata.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar