logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat cobek kungkang atau belalang.

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Di beberapa daerah Belalang, kungkang dijadikan sumber pangan alternatif. Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok saya lupa negara mana ya hehehe.  Ini saya menulis hanya untuk melanjutkan tulisan yang terdahulu saja biar agak lengkap tentang kungkangnya.

Sebelumnya saya nulis tentang kungkang di postingan Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi.  Mungkin tidak semua orang suka masakan / olahan seperti ini, tapi gak apa lah saya tetep berbagi dan tetap menulis, hitung - hitung mengenag makanan yang pernah saya makan.

Cara membuat cobek kungkang
Goreng kungkang terlebih dahulu, sebelum dibuat cobek kungkang


Nah, sekarang saya akan menulis tentang Resep Cara membuat Cobek Kungkang atau belalang yang lebih tenarnya dengan sebutan sambal kungkang atau belalang.

Pertama : siapkan kungkang atau bisa juga belalang tinggal pilih saja, banyaknya sekitar 1 Gelas, biasanya di tempat saya dijual pergelas dengan harga 5 Ribu. Setelah itu cuci sampai bersih, kalau masih ada yang hidup bilas dengan air panas.


Kedua : Goreng kungkang atau belalang tersebut dengan menambahkan minyak sayur secukupnya tanpa menambahkan bumbu, sampai warna dari kungkang tersebut berubah menjadi kuning.


Ketiga : Siapkan bumbu seperti:
-    Satu ruas kencur ( cikur bahasa sunda )
-    2 Siung bawang merah.
-    2 buah cabe rawit ( tergantung selera )
-    Garam secukupnya.
-    Penyedap ( kalau suka ) atau bisa juga disiasati dengan menambahkan gula pasir.

Cara membuat cobek kungkang atau belalang
Ini cobek kungkang, lebih siip bila dimakan dengan nasi pulen yang masih hangat

Nah, setelah bahan / bumbu siap, ulek semua bumbu tersebut memakai cobekan sampai halus, selanjutnya tambahkan sedikit – demi sedikit kungkang atau belalang yang sudah digoreng tersebut sambil di ulek.
 

Beres dah... Lebih sip bila dimakan dengan nasi yang pulen dan hangat hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Dulu waktu kecil saya seneng makan belalang tapi cuma dibakar saja itu juga sudah enak. Kalau pas banyak belalang di Gunungkidul banyak yang jual di pinggir jalan ...

Balas

belalang juga bisa cobek ya mang, saya mah biasanya cuma digoreng aja mang, kalo dicobek mah blom pernah :)

Balas

wah belum pernah makanny amang, gimana rasanya yah :D

Balas

iya mas, waktu kecil saya juga sering nangkap belalang besar dan bakar belalang

Balas

nanti dicoba aja kang, pasti deh ketagihan heheh

Balas

rasanya anget anget nikmat mas hehehe

Balas

pasti rasanya gurih seperti udang ya Mang

Balas

KUKANG ini Walang sangit nnamaya kalau di tempatku. kalau di buat sambal sensasi bau sangitnya itu yag bikin lain Nikmatnya bea dengan sambal sambal lainya

Balas

Rasanya seperti belalang kang heheh

Balas

nah betul kang Kungkang kalau di jawa dikenal dengan Walang Sangit... bukan walang keke ya hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger