Skip to main content

Cara membuat cobek kungkang atau belalang.

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Di beberapa daerah Belalang, kungkang dijadikan sumber pangan alternatif. Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok saya lupa negara mana ya hehehe.  Ini saya menulis hanya untuk melanjutkan tulisan yang terdahulu saja biar agak lengkap tentang kungkangnya.

Sebelumnya saya nulis tentang kungkang di postingan Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi.  Mungkin tidak semua orang suka masakan / olahan seperti ini, tapi gak apa lah saya tetep berbagi dan tetap menulis, hitung - hitung mengenag makanan yang pernah saya makan.

Cara membuat cobek kungkang
Goreng kungkang terlebih dahulu, sebelum dibuat cobek kungkang


Nah, sekarang saya akan menulis tentang Resep Cara membuat Cobek Kungkang atau belalang yang lebih tenarnya dengan sebutan sambal kungkang atau belalang.

Pertama : siapkan kungkang atau bisa juga belalang tinggal pilih saja, banyaknya sekitar 1 Gelas, biasanya di tempat saya dijual pergelas dengan harga 5 Ribu. Setelah itu cuci sampai bersih, kalau masih ada yang hidup bilas dengan air panas.


Kedua : Goreng kungkang atau belalang tersebut dengan menambahkan minyak sayur secukupnya tanpa menambahkan bumbu, sampai warna dari kungkang tersebut berubah menjadi kuning.


Ketiga : Siapkan bumbu seperti:
-    Satu ruas kencur ( cikur bahasa sunda )
-    2 Siung bawang merah.
-    2 buah cabe rawit ( tergantung selera )
-    Garam secukupnya.
-    Penyedap ( kalau suka ) atau bisa juga disiasati dengan menambahkan gula pasir.

Cara membuat cobek kungkang atau belalang
Ini cobek kungkang, lebih siip bila dimakan dengan nasi pulen yang masih hangat

Nah, setelah bahan / bumbu siap, ulek semua bumbu tersebut memakai cobekan sampai halus, selanjutnya tambahkan sedikit – demi sedikit kungkang atau belalang yang sudah digoreng tersebut sambil di ulek.
 

Beres dah... Lebih sip bila dimakan dengan nasi yang pulen dan hangat hehehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar