logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ingin membangun Rumah?. yuk kita hitung dulu biayanya.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Ingin punya Rumah?. Mendingan membangun sendiri dah, lebih puas hehehe.

Nah, sebelum membangun Rumah kita sebaiknya membuat Perhitung RAB atau Rencana Angaran Biaya, mungkin sebagian orang sudah biasa menghitung RAB, tapi ada juga yang belum pernah. Kalau saya sih kadang – kadang hehehe kadang menghitung RAB kadang perhitungan RAB malah bertumpuk saking banyaknya hahah .. *Gaya ehehhe.

Pondasi untuk Rumah saya atau anak - anak saya
Pondasi untuk Rumah saya atau anak - anak saya, tempatnya tenang, menghadap ke sungai dan sawah, sinyal internet kuat. Cocok dah buat ngeblog hehehe

Ini untuk mengingatkan saja ya, saya tidak bermaksud menggurui, karena banyak diluaran sana yang pekerjaan sehari – harinya lebih pintar dari saya. La wong saya waktu sekolah pas pelajaran RAB bolos terus hehehe.

Lanjut... Menghitung RAB bangun rumah dapat dilakukan dengan sistem analisa harga satuan dan m2 bangunan tersebut, mari kita lihat dan praktekan bersama – sama, bagaimana langkah perhitunganya. Perhitungan cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya sistem m2 akan lebih cepat dari segi waktu perhitungan namun dari segi ketelitian akan lebih baik jika menggunakan sistem analisa harga satuan bangunan, begitu ... Hayo mau pilih yang mana. Oke, akan saya jelaskan satu persatu ... Jeile, lagak mandor aja hehehe.

Baca : Alat Berat Tower Crane dan Mengetahui Cara menghitung Biaya pengadaannya


Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan
Pada perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan lokasi kegiatan pembangunan.

Misal :  Saya akan membangun sebuah rumah sederhana di Desa Bendungan, Pagaden Barat kabupaten Subang dengan ukuran lebar depan 8 Meter dan panjang kebelakang 11 Meter harga bangunan per m2 rumah sederhana +/- Rp.1.000.000,00 *ini hanya sebagai contoh saja ya jangan dimasukan daftar hehehe, padahal aslinya harga bisa bervariasi tergantung harga dari material bangunan dan tergantung daerahnya juga. Misalnya di daerah saya, khan kalau mau membangun rumah, 1- 2 hari itu dilakukan dengan Gotong Royong, jadi gak segitu mungkin harga permeternya heheheh.

Baca : Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu, Subang.

Mulai menghitung : Luas bangunan  8m x 11 m = 88m2, jadi RAB atau Rencana Anggaran Biaya bangun rumah sebesar 88m2 x Rp.1.000.000,00 =  Rp.88.000.000,00 ( Delapan Puluh Delapan Juta Rupiah ). Jadi biaya yang kita anggarkan sekitar 88.000.000-an.
kalau mau mancing atau berenag juga deket tinggal kesungai Ciasem
 Coba sobat lihat, nanti didepan rumah saya ini ada pohon mangganya, kolam ikannya, kalau mau mancing atau berenang juga deket tinggal kesungai Ciasem cuma 10 langkah sudah sampai .. heheh

Baca : Macam – macam pondasi dan jenisnya.

Nah, kalau mau menghitung harga RAB dengan sistem analisa harga satuan yag harus kita persiapkan yaitu.
(i). Membuat gambar rumah yang akan dibangun. Kalau tidak bisa ya nyuruh orang lain, tapi kalau tidak ada ya nyuruh saya juga gak apa – apa hehehe.
(ii). Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
(iii). Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan.
(iv). Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
(v). Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
(vi). Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
(vii). Mengalikan volume dengan analisa harga satuan.
(viii). Membuat jumlah harga secara keseluruhan

Masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang kita buat, tapi ingat gabar bangunan harus disertai ukuran sudah disertai ukuran apalagi kalau dibuat skala malah lebih bagus lagi, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.

Nah, dengan 2 cara diatas itu kita akan mengetahui seberapa banyak sih biaya, material, pekerja dan lain lain yang harus kita siapkan. Dengan adanya perhitungan ini tentunya pekerjaan pembangunan rumah kita tidak akan terganggu. Tinggal mengawasi sambil seruput kopi aja pekerjaan sudah berjalan hehehe.

Baca : Gimana ya cara membuahkan Mangga diluar Musim.


*Ma'af artikel ini tidak di ikutsertakan pada lomba blogg atau GiveAway. Ini cuma berbagi saja hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

pertamaxx amankan dulu :D

Balas

hmm .. karena saya masii bocah jadi belom kepikiran soal ginian pak hehe jadii saya ijin Nyimak + nyomot aja yeee buat planing masa Deppan :DD

Balas

Analisa Mamang untuk mempersiapkan Bangunan Rumah sangat teliti
Saya rencananya mau service aja dulu Mang soalnya biayanya yang pas pasan :)

Balas

Sambil memahami peralatan bangunan rumah
Nangkring juga di Pertamx nya Mas Ainnul nih :D

Balas

wah saya kalau mikirin mbangun rumah saya ndak kuat..hehe...lawong ikut mikirin mbangun pondok saja sudah puyengnya setengah setengah mang :D tapi sukses ya untuk rumahnya,,saya suka halamannya itu lho yang terlihat asri :)

Balas

lumayan mahal juga ya master biaya untuk bikin rumah hmmm harus nabung nih ;)

Balas

penghitungannya hrs benar2 cermat ya mang biar gak terjadi pembengkakan biaya tak terduga :D makasih sharingnya :)

Balas

Rumah saya nanti bentuknya kayak mana ya OM ???
Pemilihan lokasi sangat penting tida OM ?
Follback join this site OM

Balas

enak ya mang kalau dah ada biayanya, yang susah kalau ndak ada biaya heehee

Balas

nah ini baru postingan.
postingan juara.
mau dong satu mang

Balas

mang yono pinter bget yak,,,aku 20juta itupun dapur sama halaman depan nggak cukup mang,,,

Balas

teliti dan manggut-manggut.
ahh kayak paman gober jadinya

Balas

sekarang pasaran 2 jt an per meter ,itu pun sudah hemat sekali

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger