Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Anak saya suka sekali memelihara ayam kampung, kalau saya sih cuma melihat saja dan mengawasi mana yang sekiranya cukup di sembelih hehehe.

Ayam - ayam kampung piaraan anak saya gak dibuatkan kandang, tapi dilepas dan mencari makan sendiri, kalau malam pada tidur diatas pohon. Tapi kalau setiap pagi dan sore ayam - ayam tersebut diberi pakan berupa dedak dicampur daun - daunan.

 Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah.

Menurut para peternak ayam kampung, katannya pemberian pakan perlu diperhatikan juga yaitu dengan menambahkan sayuran, daun-daunan atau temu-temuan ke dalam pakan ayam.  Daun yang biasa di tambahkan ke dalam pakan yaitu daun pepaya, bayam, singkong. Kalau temu – temuan yaitu temu ireng, kunyit.  

Baca juga :  
Nah, katannya cara pemberiannya, sebaiknya daun/temu-temuan tsb diiris-iris kemudian direbus atau bisa juga diberikam mentah. Jika direbus, maka air rebusan diberikan untuk minum ayam sedangkan daun hasil rebusan dicampurkan dengan pakan ayam. Daun pepaya dan temu ireng yang direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam juga baik untuk menambah nafsu makan.
 Ayam kampung piaraan anak saya.

Terus setiap 2 atau 3 bulan memberikan obat cacing pada ayam. Jika pada waktu pagi memberikan makan ayam, alangkah baiknya pakan dicampur air hangat/panas. Sama seperti kita lah kalau pagi-pagi yang dingin, ngopi atau minum teh hangat sambil makan ubi rebus hangat wah nikmat sekali rasanya. Hehehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar