logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Musim jengkol dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Musim jengkol di kebun mertua sudah tiba. Tadinya Mertua saya menanam banyak sekali pohon jengkol di kebun. Namun semenjak kemarau panjang menyerang Indonesia beberapa tahun lalu, berimbas ke tanaman jengkol. Pohon kering dan akhirnya ditebang. Tersisa hanya dua pohon.

Sekarang sudah mulai berbuah lagi. Walau hasilnya tak banyak tapi cukup dah buat makan sehari – hari, di keluarga saya yang suka sekali makan jengkol yaitu saya hehehe. Setiap kali makan kalau ada jengkol, bisa menghabiskan 20 – 50 Jengkol muda. 

Musim jengkol  dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Musim jengkol  dikebun sendiri. Ups, kebun mertua.

Baca juga  
Berangkat kerja tak ketinggalan Nasi Timbel buatan Istri tercinta. 
Jengkoleun jeung ngaleungitkeun bau jengkol 
Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?
 

Inilah penampakan pohon jengkol di kebun mertua
Inilah penampakan pohon jengkol di kebun mertua

Aneh memang orang Indonesia termasuk saya, suka makanan satu ini. Selain dimasak rendang / ungkeb, jengkol bisa dibuat SEPI. Yaitu menyimpan jengkol tua ke dalam media pasir atau tanah dengan jangka waktu 1 – 3 bulan. Rasanya akan krenyes-krenyes dan aromanya..ampyyyuuuun lebih parah dari lalap jengkol muda hahaha. 
Begini nih, cara membuka jengkol dari cangkangnya hehehe.
Begini nih, cara membuka jengkol dari cangkangnya hehehe.

Siapkan saja pewangi toilet yang banyak. Kalau makan jengkol, jangan langsung minum kopi setelahnya. Bisa mengakibatkan tidak bisa pipis dan kandung kemih terasa sakit, bla perlu makan jengkol dengan kulitnya, ingat makan dengan kulitnya, jangan makan dengan cangkangnya hehehe.
Begini nih cara nyolek jengkol ke sambel Goang, ingat sama kulitnya ya, jangan sama cangkangnya ... hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

wah panen nih ya pak ;-)

Balas

saya juga suka banget sama jengkol Mang selain pete, sayang pohon satu-satunya di kebun mati karena kekeringan

Balas

Duhh jadi kabita saya Mang sama jengkol
Apalagi kalau jengkol muda, di lalap hhmmm nikmat ya MasngYono...?

Balas

Perlu bantuan gak Mang Panen jengkolnya saya siap bantu :D

Balas

wah jadi pingin nyoba jengkol nih mang, coz di kampung sy gak ada :D

Balas

aww itu jengkol mentah di cocol kesambal kagak kebayang tuh kalo bapak ngomong pasti banyak yang protes kwkwkwk

Balas

herannya biar uu, tapi banyak yg suka ya pak :)

Balas

seumur-umur belum tau rasanya jengkol spt apa,,

Balas

sedep bener nih..
aku baru nyobain semur jengkol doang..
kalau jengkol di temani dengan sambel..kyk.e rsanya makin oke punya..
jdi pngn nih..bagi kang jengkolnya..hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger