logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol

Sampurasun... Rampes...

Blog Mang Yono. Jengkolen adalah penyakit yang diakibatkan terlalu banyak entah memakan jengkol mentah atau memakan jengkol matang bareng bersama memakan jengkol mentah atau bisa juga itu mengolah jengkolnya kurang matang. Baca Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?.

Agar jengkol ga mengakibatkan jengkoleun ada cara agar jengkol ga berakibat jengkoleun ini teh sudah masuk pada cara tradisional yang sudah dilakukan secara turun-temurun, yakni caranya dibuat SEPI atau jengkol di rebus dulu memakai lebu hawu ( istilah keren namah abu gosok ), langsung dicuci  sampai bersih.

Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol
Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol
 
Jengkol SEPI yakni jengkol yang dikacambahkan, dibuat dengan cara mengubur biji jengkol dalam tanah atau pasir yang dalamnya kira - kira 10 cm serta disiram tiap hari dengan air selama 14 hari atau berbulan - bulan, agar ngacambah. 



Nah, lebih bagusnya kita harus lebih hati - hati kalau sobat termasuk penggemar berat jengkol. Bisa juga memakan jengkol dengan kulitnya... Ingat memakan dengan kulitnya bukan cangkangnya hehehhe.

Apabila ingin menghilangkan bau jengkol setelah memakan jengkol ya caranya, Dengan makan coklat batangan atau meminum kecap sesendok atau dua sendok , dan harus menggosok gigi dulu hehehe
Jengkol dipohon dan masih bercangkang

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

Duh sedikit ada kesalahn koment di atas Mang
Punten weh Mang teu di haja, maklum Mang, wong ndeso
Gara-gara makan jengkol kebanyakan,. hkhkhkhkhk

Balas

sulit demengerti gan bahasa,maklum orang jawa timur

Balas

buah ini kalo di jus pas banget

Balas

apalagi di peyek... enak banget.

Balas

mana kamus.. mana kamus..?
langsung komen Mang. maklum bacanya tadi cuma sekilas..wkwkwk

Balas

apalagi di jadikan botok

Balas

sawios kang ari teu dihaja mah hehehe...

Balas

jengkol memang mirip jengkelin ya mang, cantik mana mang?

Balas

hehehe hapunten kang, mung saminggu sakali da

Balas

leuwih sip dijieun kurupuk, jadi bisa hiber hehehe

Balas

hapunten Bli teu aya kamusna heheeh

Balas

sumuhun kang, masih dulur siganamah heheh..

Balas

apalagi dibikin klepon...hehee

Balas

mau koment disini malah keliru kamar, enak dibikin klepon mang..hehee

Balas

aku juga gak mudeng...hehee

Balas

mau koment diatas keliru, ..hehheee

saya gak dong artinya mang...kebetulan juga gak suka jengkol

Balas

cieeee mamang ganti template cieee..

au ah gelap,, yang pasti ini bahas jengkol kan?

Balas

ayo, mas Albeit gantian nulis boso jowo... ^_^

Balas

Niat banget nih mamang bikin org bingung!

Balas

Inovasi baru SIRUP rasa JEngkol

Balas

hehehee....ada yang lebih matik mengatasi jejengkoleun mah mang....makannya sekaligus dengan kulit-kulitnya...yakin ngga akan jejengkoleun, dan air pipisnya ge' moal bau hangseur jengkol...sok cobian geura mang.

Balas

setuju usulannya kang Pri....yang medok bahasa jawanya ya kang.....

#semoga mang yono ra mudeng juga

Balas

Jengkol paling enak jika direndang makan kesukaan ini jengkol hehe :)

Balas

Buah Jengkol untuk Teman atau Lauk nasi
Di apain aja enak yah Mang? di lalap di rebus di semur, di Rendang
Di apa aja pokok na mah enak bin Raos,. :)

Balas

maksud hati pengen ganti template, tapi sekarang utak atik daleman jadi susah ya, kode scrip-nya kagak bisa tersimpan...


bahas akibat jengkol

Balas

seminggu sekali mas... biar gak lupa bahasa dan nulisnya

Balas

nah cara itu yang biasa sayah pakai kang, lebih mantab...

Balas

iya sob, kalau orang sunda bilang.. UNGKEB JENGKOL

Balas

iya mbak, ini gak maksa kok hehhe, makanan ini efeknya bisa bikin bau lagi hehehe

Balas

jengkol memang menambah selera makan ... bagi yang suka hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger