logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Meminta izin mengambil foto di internet

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Kita, sebagai blogger, tentunya tahu bahwa sebuah foto/media lainnya dalam postingan akan mampu menaikkan ketertarikan seseorang untuk membacanya dan akan mendongkrak web atau blog itu sendiri.

Nah, tidak sedikit dari kita yang mengambil foto yang ada di website, blogg atau media sosial – termasuk saya ... Hehehe, sering menggunakan google image atau dari media sosial untuk postingan saya, tentunya dengan credit foto ke link yang dimaksud.

Memang, jika selama ini kita menggunakan foto yang kita dapatkan dari website, kita akan menuliskan sumber foto tersebut, baik di bawah foto yang dimaksud ataupun dicantumkan di akhir postingan itu. Tapi jika membaca terkait hak cipta, sebenarnya ada satu inti hak cipta yang kita langgar, yaitu “ijin dari mpunya / yang punyanya”.

Yang selama ini saya lakukan jarang sekali meminta ijin kalau saya mengambil foto dari website, blog atau media sosial hasil googling. Kalau saya mengenal orang yang mempost foto itu, tentunya saya akan meminta ijin untuk post foto tersebut. Nah, bagaimana kalau tidak kenal, gimana cara meminta ijinnya dan jalan satu - satunya mempost foto itu dan menuliskan sumber foto tersebut.

 Minta izin bu Lurah Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung, Subang

Pada dasarnya dengan menyebutkan sumber foto itu, kita mengakui bahwa foto tersebut bukanlah milik kita alias dapat nyomot. Boleh dibilang kita tidak melanggar hak cipta foto tersebut dalam hal ini. Namun… jika disangkut-pautkan dengan ijin yang secara langsung dari empunya foto, kita pun masih melakukan ‘kesalahan’ yaitu tidak mengajukan ijin. Jadi sebaiknya sebelum kita nyomot foto kita kunjungi Disclaimer,  apakah di situ ada tulisan seperti di Disclaimer blog saya yang bertuliskan ...

"Perlu juga menyadari bahwa ketika Anda Mengunduh atau menggunakan gambar, tulisan dari Blog Mang Yono harus meminta izin terlebih dahulu dengan menghubungi Admin blog ini. Admin melarang pihak lain mengunduh atau menggunakan gambar yang ada di website tanpa izin terlebih dahulu."

Nah, mulai saat ini saya akan meminta izin terlebih dahulu deh kalau mengambil foto dari internet atau media sosial. Seperti yang saya lakukan akhir – akhir ini, saya meminta izin dulu ke bu Lurah Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung, Subang.

Berikut ini percakapan saya dengan bu Lurah Cigadung .... di https://www.youtube.com/watch?v=sCbWdhxrA7w atau tonton vidio dibawah ini



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Bu Lurahnya cantik banget ya Kang...hahhahyy

Balas

Setuju sama Bang Icah...begitu juga dengan Mang Yono...tapi kadang-kadang kebiasaan buruk saya yang suka nyolong foto kumat Mang? Gimana cara ngatasinnya yach?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger