Bambu Ater / Awi Ater (Gigantochloa atter)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Rumpun bambu juga dikenal sebagai tanaman yang baik untuk mencegah erosi.  Bambu ater (Gigantochloa atter) adalah salah satu spesies bambu yang sangat populer.

Bambu ater memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk keperluan rumah tangga. Seperti untuk pipa air, dinding rumah, dan pagar. Gak, cuma itu bambu ater banyak juga digunakan untuk alat musik tradisional. Dan Rebungnya pun enak untuk dimasak dibuat sayur atau pecel. Baca Cara mengambil, mengawetkan dan mengolah Iwung bahasa sunda untuk Tunas Bambu atau Rebung.

Bambu Ater / Awi Ater (Gigantochloa Atter)
 Bambu Ater / Awi Ater (Gigantochloa atter) 

Baca juga : 

Bambu ater mempunyai tinggi sekitar 15 m, warna buluhnya hijau tua, Buku-bukunya tampak rata dengan garis putih melingkar. Pelepah buluhnya mudah sekali gugur, miang (bulu halus) berwarna hitam melekat pada cuping pelepah buluh yang kecil.. 

Bambu Ater di kebun mertua...
 Bambu Ater di kebun mertua...

Yang membudidayakan bambu ater belum banyak, meskipun permintaan pasar terus meningkat. Nah, perbanyakan bambu ater biasanya dilakukan dengan cara memisahkan rimpang untuk ditanam atau potongan buluhnya. Sejauh ini saya belum pernah melihat bambu ini diperbanyak dengan benih atau dengan cangkokan.

Baca juga :  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar