Bambu Betung / Awi Bitung (Dendrocalamus asper)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bambu Betung / Awi Bitung (Dendrocalamus asper) merupakan tanaman bambu yang memiliki dinding tebal dan kokoh serta berdiameter dapat mencapai lebih dari 15 cm. Bambu betung dapat tumbuh hingga mencapai tinggi lebih 20 meter dan terdiri dari dua jenis, yaitu betung hijau dan betung hitam. Bambu betung ini dapat dijumpai di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi (2000 meter) dan tumbuh subur pada lahan yang basah

Di Indonesia sendiri bambu betung dikenal mempunyai nama-nama yang berbeda. Kalau di tempat saya di Sunda dikenal dengan nama Awi Bitung, Nah, kalau ditempat sobat namanya bambu apa ya?. Baca Bambu Tali (Gigantochloa apus )


Nah, bambu betung bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, terutama untuk tiang atau penyangga bangunan. Selain itu, juga digunakan untuk keperluan reng atau usuk dibuat dengan cara membelah - belahnya. 

Kalau tunas betung atau biasa disebut rebung dapat dikonsumsi dibuat pecel, tumis atau sayur... Baca Cara mengambil, mengawetkan dan mengolah Iwung bahasa sunda untuk Tunas Bambu atau Rebung.

Baca juga :  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar