--> Skip to main content

Cara menanam semangka dengan media pot

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Jaman sekarang menanam tanaman itu gak musti di tempat luas atau ditanah langsung... Menanam tanaman di pot pun bisa dilakukan.

Seperti tulisan ini yang akan menunulis tentang cara menanam semangka dengan media Pot. Nah, biar gak penasaran cara menanam semangka di pot silahkan baca dengan tuntas ya...


Cara menanam semangka dengan media pot

 Cara menanam semangka dengan media pot

Nah, Bahan – bahan yang diperlukan untuk menanam semangka di dalam pot
  • Bibit / Biji buah semangka
  • Media tanam ... Yaitu tanah gembur, pupuk kompos, pupuk kandang
  • Pot ukuran 25cm, lebih bagus lagi pot tanah liat karena pot tanah mampu menyerap air dan memberikan kelembaban pada tanaman sepanjang hari dibandingkan pot plastik yang tidak menyerap air.
  • Bambu untuk penyangga / merambatkan tanaman
  • Sekop taman, tali rapia
Berikut ini Cara menanam semangka dengan media pot
i. Siapkan media tanam tanah gembur, pupuk kompos dan pupuk kandang dalam perbandingan sama banyak atau 1 Tanah gembur :1 pupuk kompos :1 pupuk kandang. Masukkan media tanam ke dalam pot.

ii.  Buatlah 3 lubang penanaman dengan kedalaman sekitar 6 cm pada media tanam pada tiap pot. Masukkan biji semangka ke dalam tiap lubang lalu tutup dengan media tanam. Masukkan 1 biji tiap lubang. Siramlah menggunakan air lalu letakkan pot di tempat yang beratap atau masukkan pot ke tempat beratap saat terjadi hujan..

iii. Pindahkan tanaman semangka ke tempat yang lebih terbuka saat tanaman berumur sekitar 2-3 minggu. Jangan lupa buatkan tiang penyangga untuk tempat rambatan batang dan daun. Anda pun dapat meletakkan pot tanaman semangka di depan pagar sehingga tanaman semangka merambat di pagar nantinya atau letakkan tanaman semangka di tengah taman dengan membentuknya secara melingkar. 

iv. Lakukan penyiraman sehari 2 x yaitu pada pagi dan malam hari karena tanaman buah semangka termasuk tanaman yang suka air.

Baca juga :   
Buah Semangka warna merah
Khasiat dari biji semangka bagi kesehatan tubuh
Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan tubuh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments