logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.

Di Tanah Air Tercinta ini buah mangga banyak sekali jenisnya. Ada yang berasa asam, manis atau setengah asam dan setengah manis.... Pokonya rame dah rasanya ... Hehehe.  Ada yang buahnya lonjong, bulat ataupun oval. Ada pula buah mangga yang ukurannya besar, sedang ataupun sangat kecil.... Tapi tetep itu namanya di sebut mangga juga... Begitu banyaknya macam buah mangga sehingga seringkali kita tidak tahu apa nama buah mangga tersebut....?.

Memang betul salah satu  buah yang melimpah di Negeri kita ini adalah mangga. Bahkan di kampung saya, setiap rumah memiliki pohon mangga bagi yang punya pekarangan dan menanam mangga... Hehehe. 

Ini teh mangga golek... Betul ? .... Mangga golek memiliki bentuk yang tidak bulat seperti buah mangga lainnya. Bentuknya justru lebih panjang alias lonjong. Buah mangga jenis ini memiliki daging buah yang tebal serta lunak dengan warna kuning tua hampir oranye kalau warna masih muda tetep hijau. Buah mangga golek tidak memiliki serat seperti buah bapang. Seratnya hanya sedikit...

Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.
 Ini Teh Mangga Golek... Betul ?.


Menurut yang admin baca .... Mangga golek merupakan salah satu jenis mangga yang pertama kali dikembangkan di tanah India. Tetapi sekarang sudah banyak mangga golek yang di budidayakan di Indonesia, bahkan mangga golek yang ada di Indonesia berbeda dari mangga golek India.

Pohon buah mangga golek saya dekat sungai Ciasem, dusun Gardu..
 Pohon buah mangga golek saya dekat sungai Ciasem, dusun Gardu..

Baca juga : Resep Rujak Mangga .... Rujak Mangga Kecut tapi jebred.


Bagaimana betuk buah mangga golek ini? ..... Nah, buah mangga golek ini memiliki bentuk buah yang panjang dan juga bagian ujungnya sedikit meruncing. Selain itu, buah mangga ini khas sebab tidak berparuh seperti jenis mangga lainnya. Adapun warna buah mangga ini saat muda adalah hijau dan saat matang berwarna kekuningan terutama pada bagian pangkal. Kulit dari mangga golek ini tidak terlalu tebal, ia halus dan jika diamati Anda akan mendapati bintik-bintik kelenjar dengan warna putih agak kehijauan. Jika mangga golek telah ranum, maka bintik putih tersebut akan berubah menjadi coklat tua..... Gak percaya, lihat aja foto – foto saya ini....

Bagaimana dengan daging buah mangga golek?  Daging buah mangga golek ini berwarna putih saat masih muda dan berwarna kuning menuju oranye saat matang. Daging ini lunak tak berserat dan saat matang sempurna, rasanya sangat manis .... Tiga hari tiga malam nempel terus dibibir... Hahaha..

Bagaimana betuk buah mangga golek ini?... Foto ini teh Mangga Golek
 Bagaimana betuk buah mangga golek ini?... Foto ini teh Mangga Golek

Menurut para ahli giji katanya mangga golek  mengandung sejumlah komponen gizi yang baik bagi manusia. Mangga ini mengandung jumlah energi sebesar 63 kilo kalori, protein sebanyak 0,5 gram, karbohidrat sebanyak 16,7 gram, lemak sebanyak 0,2 gram, kalsium sebanyak 14 miligram, fosfor sebanyak 10 miligram, zat besi sebanyak 1 miligram dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, di dalam daging buah mangga golek tersimpan sejumlah vitamin A, vitamin C.

Baca juga : Neng jangan makan rujak... Nanti hamil loh...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger