logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Berhasil.. Akhirnya Padi di Cibandung, Subang Bebas Sundep

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Berhasil !!!.. Akhirnya Padi di Cibandung, Pagaden Barat Bebas Sundep

Pada tulisan saya sebelumnya saya membahas tentang tanaman padi saya yang terserang hama sundep.... Setelah dilakukan pemberantasan sundep dengan cara penyemprotan INSEKTISIDA pada tanaman padi akhirnya tanaman padi saya tumbuh subur.... Baca Tanaman padi saya di Cibandung, Subang terserang hama sundep

Saya sebagian patani yang lahan sawahnya mengalami serangan hama sundep di areal persawahan di Cibandung, Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia.... Saya melakukan penyemprotan dengan menggunakan INSEKTISIDA

Berhasil.. Akhirnya Padi di Cibandung, Pagaden Barat Bebas Sundep 
Pestisida adalah semua bahan yang berpotensi membunuh (cide) organisme pengganngu (pest). Jenis pestisida untuk mengendalikan penggerek batang padi adalah INSEKTISIDA, yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh/membasmi serangga. Berdasarkan cara kerjanya, insektisida yang digunakan untuk mengendalikan penggerek batang padi ada yang bersifat sistemik dan ada yang translaminer. Sedangkan menurut formulasinya, insektisida yang digunakan untuk mengendalikan sundep/beluk ada yang berupa butiran (granul), tepung (powder) maupun cair (larutan/emulsi).

FOTO : Tanaman padi setelah seminggu dilakukan penyemprotan INSEKTISIDA
FOTO : Tanaman padi setelah seminggu dilakukan penyemprotan INSEKTISIDA
"Hama ini berwarna putih dan berukuran sangat kecil. Mereka biasanya bertelur dibagian bawah daun, yang terletak dibagian atas batang. 

Dan sesuai janji saya ... Nanti kalau saya berhasilakan saya posting juga cara mengatasinya... Jenis pestisida apa yang saya gunakan... 


Nah, jumlah pestisida yang beredar di pasaran saat ini sangat banyak. Untuk memutuskan pestisida yang akan digunakan tidak hanya berdasarkan cara kerja dan bahan aktifnya saja, namun juga perlu mempertimbangkan harganya. Suatu produk pestisida yang harganya murah bisa jadi kualitasnya kurang bagus, tetapi yang berharga mahal belum tentu pilihan yang tepat.

Insektisida Virtako 350EC misalnya, kualitasnya sangat baik, efikasi terhadap hama sasarannya juga efektif, namun harganya mahal. Bahan aktif Virtako 350EC adalah klorantranilipol (100 gram/liter) dan tiametoksam (250 gram/liter) yang sangat efektif untuk mengendalikan hama penggerek batang padi dan wereng coklat. Harga di kios saprotan bervariasi, rata-rata saat ini Rp. 100.000 -an untuk kemasan 50 ml. Bila di pertanaman hanya ditemukan serangan penggerek batang padi saja maka sebaiknya menggunakan insektisida yang berbahan aktif klorantranilipo saja, misalnya Prevanthon 50EC. Harga Prevanthon 50EC kemasan 100 ml sekitar Rp. 80.000-an. Jadi dalam kedua kemasan insektisida tersebut mengandung 50 gram klorantranilipol. Sebaliknya bila di lapangan tanaman padi terserang penggerek batang padi dan wereng coklat, maka pilihan yang tepat adalah Virtako 350EC.



Dosis penggunaan insektisida perlu diperhatikan agar efektif. Bila penggunaannya di bawah dosis yang dianjurkan, bukan tidak mungkin hamanya tidak dapat dikendalikan, sebaliknya jika dosisnya berlebih dikhawatirkan cepat menimbulkan kekebalan (resistensi) dan boros biaya.
 
Penyemprotan Pestisida merupakan alternatif terakhir dalam sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT) jika tingkat serangannya sudah melebihi ambang ekonomi atau populasinya telah mencapai ambang pengendalian maka segera lakukan penyemprotan Pestisida.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

wah selamat ya pak hamanya untuk berhasil bebas dan padinya mulai bergembira kembali ;-)

Balas

iya bang...semoga sehat sampai di panen padinya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger