Skip to main content

Ngarambet : membersihkan gulma pada tanaman padi

Sampurasun ..  Rampes.

MANGYONO.com – Ngarambet : membersihkan gulma pada tanaman padi

Ngarambet di sawah merupakan kegiatan menyiangi / membersihkan area pesawahan dari rumput-rumput yang mengganggu tanaman padi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan tangan langsung tanpa alat bantu, rumputnya dicabut / dirambet dengan akarnya.

Ngarambet Di Sawah Mang Yono. 
Ngagurul / Ngalandak penyiangan padi sawah di Subang 
Mencari lalapan gunda di sawah 
Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah 
Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.

Kegiatan ngarambet biasanya dilakukan apabila mulai tumbuh rumput-rumput pengganggu pada area tanaman padi dan kegiatan ini dilakukan apabila banyak rumput / gulma yang tumbuh di antara tanaman padi. Ngarambet biasanya dilakukan oleh 1 orang dan bisa sampai 10 orang, ini tergantung pada luas lahan persawahan yang dimiliki si petani dan juga untuk mempercepat kegiatan Ngarambet. Kalau sawah saya mungkin cukup 1 – 2 orang saja, karena sawahnya sedikit hehehe.


Di dalam Ngarambet, biasanya gulma pengganggu seperti rumput dikumpulkan di pematang sawah atau di timbun di sawah, tapi gulma yang bisa dijadikan lalapan sengaja dipisahkan untuk dibawa pulang seperti, Genjer, Eceng Sawah, Gunda, Antanan, Semanggi 

Sambil ngarambet memisahkan Genjer, Eceng Sawah, Gunda, Antanan, Semanggi untuk dibawa pulang
 Sambil ngarambet memisahkan Genjer, Eceng Sawah, Gunda, Antanan, Semanggi untuk dibawa pulang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar