logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Merawat taman elemen keras dan elemen lunak

Sampurasun... Rampess,..


Setelah kemarin mamang nulis tentang membuat kolam taman minimalis, sekarang mamang mau nulis tentang merawat taman.  Agar keindahan taman bisa dinikmati setiap saat, tentunya taman perlu dirawat dengan sedikit cukur mencukur hehe. 

 

Dengan perawatan taman, kondisi dan gaya taman bisa dipertahankan seperti pada konsep awal atau sesuai yang diinginkan. 



Merawat taman elemen keras dan elemen lunak


Perawatan taman tidak hanya terbatas pada tanaman saja, elemen keras juga perlu dirawat agar keberadaannya tetap berfungsi dengan baik. Memang perawatan tanaman sebagai elemen lunak pada taman lebih rumit dibandingkan perawatan elemen keras. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan taman rumah tinggal.


A. Perawatan taman (elemen lunak)




Sebagai mahluk hidup, tentunya tanaman akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut ada kalanya diharapkan demi tercapainya tujuan tertentu, misalnya ukuran tanaman yang diinginkan. Pembentukan bunga juga merupakan jenis pertumbuhan yang diinginkan. Namun, pada kasus-kasus tertentu, pertumbuhan cabang yang tidak beraturan atau yang berubah dari bentuk awalnya tidak diinginkan oleh pemilik taman. Secara umum, pemeliharaan pada tanaman yaitu pemangkasan, pemupukan, penyiraman, dan penyiangan tanah

B. Perawatan elemen keras 




Perawatan elemen keras memang tidak serumit perawatan elemen lunak (tanaman). Namun, perawatan yang benar pada elemen keras akan mempertahankan fungsi utama elemen keras tersebut. Umumnya, perawatan yang dilakukan yaitu pembersihan area taman, pengecatan, pengurasan kolam, dan penggantian lampu yang mati. Pembersihan area taman dilakukan setiap hari, pada pagi atau sore hari. Pembersihan dilakukan dengan menyapu dan membuang smapah-sampah yang berada di lokasi taman. Pengecatan dilakukan pada pagar, tiang lampu taman, gazebo, tempat duduk, dan lain-lain. Kolam juga perlu dibersihkan secara berkala. Pertama, kolam harus dikuras. Buang air lama yang telah kotor. Sikat dasar dan dinding kolam dengan sabun agar lumut-lumut yang tumbuh bisa hilang. Isikan kembali air besih ke dalam kolam bila kolam sudah bersih.





Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

25 komentar

Ya itu mang.. ribet :D

Balas

Mang.. jujur ini postingan ini bikin langsung ngacir ke taman yg lama terlupakan :D

Balas

ada hardware sama software-nya mang, kaya letop saja..

saya kurang suka bertaman dan bunga-bungaan, tapi saya suka berkebun, nanam cabe, nanam tomat, nanam sawi...jadi kalau lagi kepepet nggak punya bumbu dapur, tinggal metik atau cabut saja ke kebun

Balas

klw saya sih kurang suka merawat tanaman mang.....jera,mati mulu kalau nanem tanaman. apalagi merawat..heheh

Balas

ternyata ada filosofinya ya, gak sembarangan berarti. entar kalo punya rumah, boleh lah belajar ke bapak ya

Balas

ternyata banyak sekali yg harus diperhatikan, kayak kmputer ada hardware dan sofware.

Balas

emang punya taman?

*taman kanak-kanak kalee..(^_^)

Balas

pasti belajar sama Kang Cilembu..

Balas

saya nggak punya taman Mang. saya pinjem boleh nggak?

Balas

aku belum bikin taman kolam
setelah tahu triknya yang ga seram
jadi ingin bikin biar halaman rumahku jadi tampak tentram ..

Balas

kalau perawatan elemen lunaknya bonsai pasti pake kawat aluminium kan mang, hehe

Balas

itu mesti orang" yang telaten ya mas ..
klo aku orangny ga sabaran . hehe ..

Balas

Ini pengetahuan baru buat saya mang, saya juga suka berkebun, makasih mang

Balas

langsung di pangkas dan kuras kolam ya mbak...

mas Kstiawan@ mamlahan mamang njiplak dan nyontek tamannya mbak uswah,

Balas

hehehe mirip sofware ya bisa di dunlut juga, mbak

kalau mamang suka tuh bertanam bunga, memang sih istri mamang juga nanam yang bisa di buat bumbu jadi di taman itu kolaborasi antara bunga dan tanaman bumbu heheeh....

begitulah kira - kiranya mas Ks

Balas

begitulah kira - kira ... boleh dengan senang hati hehe

Balas

hehehe itu menurut bahasa mamang, mbak Iis ehhehe.... ndak tau menurut bahasa para pakar Tanaman atau Taman

Balas

boleh juga Bli... nanti balikin lagi aja ya kalau sudah ehhehe

Balas

iya silahkan mbak anis... taman dan kolam cocok tuh buat merenung hehehehe

Balas

betul mas... seratus deh buat mas agus hehehe.... istilahnya di welit atau dililit kawat untuk membentuk cabang yang diinginkan selama 6 bulan atau satu tahun baru boleh dilepas tuh kawatnya hehehe

Balas

yup betul sekali mbak iin... harus telaten dan sabar plus kasih sayang juga hehehe

Balas

oke mas saling berbagi aja mas, mamang juga bukan pakar soal tanaman, cuma tahu dikit saja sesuai pengalaman yang mamang ketahui ...

Balas

oooh yang suka merawat apa mbak

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger