Merawat taman elemen keras dan elemen lunak

Sampurasun... Rampess,..


Setelah kemarin mamang nulis tentang membuat kolam taman minimalis, sekarang mamang mau nulis tentang merawat taman.  Agar keindahan taman bisa dinikmati setiap saat, tentunya taman perlu dirawat dengan sedikit cukur mencukur hehe. 

 

Dengan perawatan taman, kondisi dan gaya taman bisa dipertahankan seperti pada konsep awal atau sesuai yang diinginkan. 



Merawat taman elemen keras dan elemen lunak


Perawatan taman tidak hanya terbatas pada tanaman saja, elemen keras juga perlu dirawat agar keberadaannya tetap berfungsi dengan baik. Memang perawatan tanaman sebagai elemen lunak pada taman lebih rumit dibandingkan perawatan elemen keras. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan taman rumah tinggal.


A. Perawatan taman (elemen lunak)




Sebagai mahluk hidup, tentunya tanaman akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut ada kalanya diharapkan demi tercapainya tujuan tertentu, misalnya ukuran tanaman yang diinginkan. Pembentukan bunga juga merupakan jenis pertumbuhan yang diinginkan. Namun, pada kasus-kasus tertentu, pertumbuhan cabang yang tidak beraturan atau yang berubah dari bentuk awalnya tidak diinginkan oleh pemilik taman. Secara umum, pemeliharaan pada tanaman yaitu pemangkasan, pemupukan, penyiraman, dan penyiangan tanah

B. Perawatan elemen keras 




Perawatan elemen keras memang tidak serumit perawatan elemen lunak (tanaman). Namun, perawatan yang benar pada elemen keras akan mempertahankan fungsi utama elemen keras tersebut. Umumnya, perawatan yang dilakukan yaitu pembersihan area taman, pengecatan, pengurasan kolam, dan penggantian lampu yang mati. Pembersihan area taman dilakukan setiap hari, pada pagi atau sore hari. Pembersihan dilakukan dengan menyapu dan membuang smapah-sampah yang berada di lokasi taman. Pengecatan dilakukan pada pagar, tiang lampu taman, gazebo, tempat duduk, dan lain-lain. Kolam juga perlu dibersihkan secara berkala. Pertama, kolam harus dikuras. Buang air lama yang telah kotor. Sikat dasar dan dinding kolam dengan sabun agar lumut-lumut yang tumbuh bisa hilang. Isikan kembali air besih ke dalam kolam bila kolam sudah bersih.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar