Belajar bertani atau berkebun yuk?.

Sampurasun .. Rampes..

Blog Mang Yono. Akhir – akhir ini saya mulai tertarik dengan berkebun. berkebun telah menjadi suatu kegiatan yang sangat menarik bagi saya sejak satu tahun terakhir. 

Setiap mendengar kata berkebun, menanam, yang tebayang dalam pikiran saya yaitu hijau, segar, sejuk dan nyaman, tentram, asri. Sehingga, rasa - rasanyanya bagi saya untuk mulai belajar berkebun bukanlah hal yang membuang – buang waktu untuk mulai fokus belajar dan menimba ilmu baru dari bertani. ( baca Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Belajar bertani atau berkebun yuk?.
Belajar bertani atau berkebun yuk?. poto jepretan www.mangyono.com

Yang harus kita pelajari untuk bertani / berkebun menurut saya harus mencakup pada poin – poin dibawah ini, itu menurut saya loh, gak tahu menurut para mastah – mastah, atau ahlinya.

Pertama: yang kita pelajari yang utamannya yaitu Pemilihan Lahan, bagai mana lahan yang bagus dan memenuhi standar itu.

Kedua: Pengolahan Lahan
Pengolahan lahan ini meliputi Pencangkulan: lahan diolah hingga gembur dan bebas dari akar rumput. Proses ini penting banget dan harus diutamakan juga dalam berkebu!.

Ketiga: Pemilihan Bibit / Pembibitan
Hal yang terpenting saat pembibitan atau pemilihan bibit tanaman  adalah membuat bedengan Nah, Fungsi dari bedengan adalah melancarkan sirkulasi udara dan mengalirkan air dengan baik.
Tanam palawija
Berkebun palawija.  Poto jepretan www.mangyono.com

Keempat : Perawatan tanaman, yang meliputi dari

- Penyiraman: dengan seberapa banyak air kita harus menyiram tanaman, apakah harus banyak atau asal basah saja, karena semua tanaman itu ada yang tidak harus dan tidak suka air yang terus menerus?.

- Penyulaman tanaman, yaitu menambahkan atau mengganti tanaman dengan benih baru di tempat yang tanamannya mati atau kurang subur
- Penyiangan tanamanyaitu membersihkan dari gulma
- Pemberian pupuk.

Kelima : Panen, harus dipelajari juga cara memanen yang baik, umur tanaman / buah tanaman yang siap dipanen. ( baca Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih )

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar