Biasakan anak mandi 2 kali dalam sehari

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Bathing makes the body fresh and healthy. However, often children, in the age of a toddler still difficult if told to shower.

They sometimes release a powerful weapon, which cry if you do not want a bath. Parents often made annoyed with this, and how to solve it?.

Anak saya yang ke 2 "Gigin" sebelum mandi mainan air dulu
Anak saya yang ke 2 "Gigin" sebelum mandi mainan air dulu

Mandi membuat badan segar dan sehat. Namun, seringkali anak, di usianya yang masih balita susah jika disuruh mandi. Mereka terkadang mengeluarkan senjata ampuh, yakni menangis jika tak mau mandi. Orangtua sering dibuat jengkel dengan hal ini, lalu bagaimana mengatasinya?.

Anak-anak paling suka bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Bermain pasir, tanah, memegang mainan koto keringatan, bau, apekr. Sehingga setelah jadwal mandinya tiba, ia harus mandi supaya badannya bersih dan bisa tidur nyenyak nantinya.
Anak saya yang ke 1 "Gugum" sedang mencari ikan disawah. Berani kotor itu baik!.
Anak saya yang ke 1 "Gugum" sedang mencari ikan disawah. Berani kotor itu baik!.

Mandi dua kali sehari, yakni di pagi hari dan sore hari seharusnya rutin dilakukan anak-anak atau orang dewasa setiap harinya. Namun, seringkali rutinitas mandi tak bisa dilakukan karena si kecil rewel dan tidak mau dimandikan. 

Mungkin pengalaman yang saya dapatkan dilapangan ini juga sering dialami oleh Ayah bunda. Kadang seringkali jengkel dengan sikap anak yang susah disuruh mandi, apalagi si kecil melakukan penolakan dengan sikap rewelnya atau berlari menjauhi anda. 

Ketika anak dibiasakan mandi 2 kali sehari, tentu ia akan tumbuh menjadi anak yang sehat, bersih, dan rapi. Anak akan terhindar dari berbagai penyakit, tubuhnya wangi. Jika Anda juga sering mengalami anak susah dimandikan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Silakan dipraktikkan bersama si kecil ya.

Seringkali, alasan anak tidak mau disuruh mandi atau dimandikan adalah karena takut air terlalu dingin baginya yang baru saja bangun tidur. Anda bisa menghangatkan air untuk mengajak mandi si kecil. Dengan air hangat ini, bisa saja membuatnya tidak takut kedinginan. Air yang hangat membuat tubuhnya nyaman saat mandi. Anak yang takut dingin, tentu akan lebih senang ketika mandi dengan air hangat. Coba tunggu reaksinya setelah Anda menyiapkan air hangat. Kalau anak saya “Gigin” apabila melihat air langsung mendekatinya, bahkan mandinya bisa berjam – jam lamanya, begitu pula kalau sedang main, mainannya harus ada air, tapi kalau sedang nonton tipi terus ada air disampingnya harus waspada, gak berapa lama pasti dah ada yang nyelem ke air, entah itu hape, remot atau bahkan mengguyurkannya . Jika ia tetap tak mau mandi, itu artinya si kecil malas mandi saja dan bukan karena takut dengan air yang dingin apa mungkin ini mengikuti jejak ayah bundanya yang jarang mandi pagi ya ?....  heheheh.

Anak saya yang ke 2 "Gigin" Mau mandi tapi joget dulu hehehe.
Anak saya yang ke 2 "Gigin" Mau mandi tapi joget dulu hehehe.

Dengan membiarkan anak sambil bermain dan Anda memandikannya, tidak akan membuatnya rewel. Bisa pula Anda membawakan mainan yang aman dimainkan di air sehingga saat mandi anak bisa sambil memainkannya atau biarkan anak anda bermainan air dari selang sambil menyiram bunga hehehe.

Tulisan ini tidak diikut sertakan dalam lomba apalagi Giveaway... hehehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar