Manfaat Laja, Lengkuas, laos ( Alpinia galanga )

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Alpinia galanga, plant in the ginger family, is an herb used in cooking, especially in Indonesian and Thai cuisines.

Alpinia galanga is called laos in Indonesian and is the most common form of galangal used in cooking. It is also known as lengkuas and galanga root. In Manipuri, it is known as kanghu. One plant which is a family of grasses that also has healing power but not yet widely known, is the galangal or ginger ata Laja (Sundanese) is the botanical name of Alpinia galanga.

There are two types of ginger plant known that varieties with tuber rhizome (root) of white and red varieties berimpang bulbs. Galangal berimpang this white bulbs used food flavoring, is galangal berimpang red bulbs are used as medicine.

Manfaat Laja, Lengkuas,  laos  ( Alpinia galanga  )
Tanaman Laja, Lengkuas,  laos  ( Alpinia galanga ) dikebun belakang Rumah saya.

Alpinia galanga, tanaman dalam keluarga jahe, adalah ramuan yang digunakan dalam memasak, terutama dalam masakan Indonesia dan Thailand.

Alpinia galanga disebut laos di Indonesia dan merupakan bentuk yang paling umum dari lengkuas digunakan dalam memasak. Hal ini juga dikenal sebagai lengkuas dan galanga akar. Di Manipuri, itu dikenal sebagai kanghu

Satu tumbuhan yang merupakan keluarga dari rumput-rumputan yang juga mempunyai daya pengobatan namun belum dikenal luas, adalah lengkuas ata laos atau laja (bahasa Sunda) yang nama botaninya Alpinia Galanga.

Ada dua jenis tumbuhan lengkuas yang dikenal yaitu varietas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan varietas berimpang umbi merah. Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang dipakai penyedap masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah digunakan sebagai obat.

Tanaman Lengkuas saya di kebun belakang Rumah saya
Tanaman Lengkuas saya di kebun belakang Rumah saya warnanya putih, kalau yang merah saya belum punya hehehe


Silahkan baca juga :  
  
Lengkuas ini saya tanam di kebun belakang Rumah saya, di sna ada bermacam – macam tumbuhan apotek hidup dan tumbuhan yang bisa dijadikan bumbu, terutama Laja ini selain saya gunakan untuk bumbu dapur dan juga merupakan jenis rempah-rempahan ini, banyak juga tetangga yang minta hehehe.

Ciri dari pohon Laja atau lengkuas / laos mempunyai batang pohon yang terdiri dari susunan pelepah-pelepah daun. Daun-daunnya berbentuk bulat panjang dan antara daun yang terdapat pada bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja. Bunganya muncul pada bagian ujung tumbuhan. Rimpang umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas dan menggugah selera.

Banyak penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan lengkuas, seperti membangkitkan gairah seks, rematik, sakit kuning, beri-beri, campak, dll. Jika Anda ingin mengenal ramuan-ramuan tersebut silahkan cari di Google heheh 

Tapi saya punya pengalaman tentang penyakit kulit yang bisa di hilangkan dengan Lengkuas yaitu menyembuhkan jamur kulit, waktu saya kecil terkena penyakit kulit hapur, cara saya waktu itu : 

Menggunakan parutan dari satu bonggol lengkuas yang dicampur dengan sedikit cuka / garam. Gosokkan ke bagian tubuh yang terkena Hapur. Rasanya memang pedih tapi Hapur akan hilang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar