Cara Menanam lengkeng didalam pot

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Pagi kemarin Boss saya menyuruh saya memindahkan pohon lengkeng yang tumbuh bersama pohon – pohon sayuran.

Memang sih pohon lengkeng yang tumbuh ini berasal dari biji, yang akan berbunga sekitar Limatahunan. Tapi jaman sekaran khan sudah canggih, sudah banyak obat – obat untuk perangsang buah yang dijual dipasaran, bahkan sudah ada obat khusus untuk perangsang buah lengkeng yang mandul. Jadi sekarang gak usah biingung dan takut lagi menanam pohon lengkeng.

Cara Menanam lengkeng didalam pot
Pohon lengkeng ini tumbuh dari biji.

Baca juga Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Pohon Lengkeng ini saya tanam di pot, maklum khan dijakarta, sobat juga tau sendiri lah, daripada menanam ditanah langsung mendingan tanam dipot. Pot yang digunakan saya ini ukuran diameternya sekitar 30 Cm, kurang besar ya?. Ya, sudah nanti Gampang saya pindah lagi ke pot ukuran 50 Cm, kalau tanaman lengkengnya sudah tumbuh subur.

Nah, yan ingin tahu tentang cara menanam pohon lengkeng ala saya hehehe... Silahkan diikuti langkahnya.

Baca juga Cara menanam Pohon Cangkok Lengkeng di Alam terbuka ala Mang Yono.

Langkah-langkah menanam lengkeng didalam pot adalah:

1. Siapkan pot plastik berdiameter 45 -50 cm. Tuh khan suruhnya juga pot pelastik ukuran segitu. Ya, sudah daripada lama beli dan jauh pula, mendingan sementara pakai yang ada saja ya.  Yang utama buat lubang dibagian bawahnya, kalau sudah ada, gak usah buat lubang lagi ya... hehehe.

2. Letakkan pecahan genting / pecahan keramik / kerikil / bata merah di dasar pot.  tujuannya agar dapat mengalirkan air siraman dan mediat tanah tidak padat.

3. Aduk media tanah, arang sekam padi atau pupuk organik menjadi satu perbandingannya ya, 2 : 1  saja. Isi pot tersebut dengan media yang sudah dicampur tadi kira – kira 1/ 2 tinggi pot.
Aduk media tanah, arang sekam padi atau pupuk organik
Aduk media tanah, arang sekam padi atau pupuk organik

4. Potong akar yang memanjang kebawah, akar pancer.Ini bertujuan agar akar tidak menembus dasar pot, karena akar ini tumbuh lurus kebawah. Ini sih perkiraan saya saja, saya kalau menanam pohon yang berasal dari biji biasanya selalu memotong akar pancernya.
Potong akar yang memanjang kebawah
Potong akar yang memanjang kebawah

5. Lalu masukan bibit pohon lengkeng tepat ditengah pot, usahakan posisinya tegak, jangan miring ke kiri atau kanan. Bila perlu nanti setelah penanaman selesai buat tiang penyangga pohon yang baru ditanam, dengan menancapkannya di media tersebut, ini sebagai penahan pohon yang baru ditanam saja.
Masukan bibit pohon lengkeng tepat ditengah pot
  Masukan bibit pohon lengkeng tepat ditengah pot

6. Lalu tambahkan kembali media tanam hingga mendekati bibir pot kira – kira 5 cm dari bibir pot dan sedikit dipadatkan, tujuannya agar tanaman yang baru ini tidak goyang - goyang, karena kalau bergoyang akar tanaman yang baru ditanam ini akan putus dan selanjutnya mati. Gak mau khan tanaman yang kita tanam ini mati?.
Tambahkan kembali media tanam hingga mendekati bibir pot
Tambahkan kembali media tanam hingga mendekati bibir pot

7. Siram dengan air hingga air keluar dari dasar pot.  selanjutnya, letakkan tanaman lengkeng di tempat yang ternaungi atau teduh selama beberapa hari. Untuk langkah selanjutnya adalah perawatan harian yang meliputi penyiraman, pemupukkan, pencahayaan, atau pemangkasan apabila jika pohon sudah mulai besar dan siap berbuah.  Selain itu penggantian media tanam juga perlu dilakukan setiap setahun satu kali, hal ini bertujuan agar tanaman lengkeng tetap produkif karena mendapatkan nutrisi dari media tanam yang baru.  Penggantian media tanam tidak seluruhnya, akan tetapi disisakan media tanam yang sebelumnya untuk ditambah dengan media tanam yang baru.
Siram dengan air hingga air keluar dari dasar pot
Siram dengan air hingga air keluar dari dasar pot

Sepertinya saya perlu menambah koleksi tabulampot yang ada dengan pohon lengkeng.  lumayankan selain mendapatkan buah yang lezat, halaman rumah kita juga menjadi lebih asri dan lebih hijau.... Betul tidak?.

Baca juga Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung
Dengan tulisan dan postingan ini saya tidak bermaksud menggurui apalagi ahli dibidang  pertanian, tapi hanya berbagi pengalaman saya saja. Siapa tahu ada master pertanian yang baca tulisan saya ini, terus memberikan masukan / cara yang tepat untuk menanam tumbuhan atau tanaman lainnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar