Skip to main content

Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Siapa yang pernah mencicipi jangkrik goreng?. Jangankan pernah mencicipinya, mendengarkan nama kuliner ini saja mungkin masih asing bagi Anda. Mungkin saja timbul rasa jijik atau hal yang aneh. 

Tapi tidak bagi saya. “Rasanya seperti belalang goreng, kungkang, laron Atau tak jauh beda dengan goreng hurang (udang putih yang biasa ditemui di selokan atau kolam air),”.

Enak dan Renyahnya Goreng jangkrik
Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik

Dengan rasa penasaran saya mencoba dengan masakan jangkrik ketika saya melihat dikampung saya ada yang membuka usaha peternakan jangkrik di rumahnya di Lingkungan biasanya jangkrik – jangkrik ini dijual ke tengkulak / bandar, mungkin jangkrik yang di ternak untuk pakan burung . Tapi saya mengolah jangkrik jadi kuliner. Khususnya jangkrik go-reng. “Waktu itu Cuma coba-coba saja. Tapi masih ragu-ragu. Ragu soal halal haramnya. Beruntunglah pada tahun 2009, ada fatwa MUI yang menyebutkan kalau jangkrik itu halal untuk dikonsumsi,”

Makan dengan nasi pulen, Sambal goang, Jengkol muda dan Goreng Jangkrik
Makan dengan nasi pulen, Sambal goang, Jengkol muda dan Goreng Jangkrik

Pada Keputusan Komisi Fatwa MUI Pusat Nomor  139/MUI/IV/2009 yang ditandatangani Prof Ibrahim Husen M.Ag menyatakan bahwa  jangkrik salah satu jenis  serangga yang diambil manfaatnya  untuk dimakan, untuk obat atau kosmetik "Hukumnya HALAL" sepanjang tidak menimbulkan bahaya. 

Baca : 
 
Bagi Anda yang doyan berburu kuliner aneh dan ekstrem mungkin boleh mencobanya hehehe, Hmmm... berminat untuk mencoba? Jadi penasaran dengan rasanya! Bahkan beberapa kelompok masyarakat di Indonesia suka menyantap hidangan yang terbuat dari olahan belalang atau laron, termasuk saya ini hehehe .... Jangkriik Boss hehehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar