Skip to main content

Pohon lengkeng saya keluar bunga pertama

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.) yang termasuk dalam famili Sapindaceae kerabat dekat dengan leci dan rambutan merupakan tanaman subtropis yang sudah dikenal dari jaman dahuu.

Pada bulan Mei 2014, saya dapat bingkisan pohon lengkeng dari teman saya, sebelumnya juga sudah saya tulis di blog ini dengan judul Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Pohon lengkeng saya keluar bunga pertama
Pohon lengkeng saya di kebun belakang keluar bunga pertama

Baca :  

Hari minggu tanggal 14 September 2014 saya bermaksud menyiram tanaman lengkeng saya, yang ditanam di kebun belakang Rumah saya, tapi saya terkejut dengan tanaman lengkeng saya yang baru berumur 3 Bulan, ternyata bagian pucuk dari tanaman lengkeng saya itu tumbuh bunga lengkeng. Mungkin ini bunga semu aja ya, apa mungkin ini bunga awal untuk membentuk bunga?. Ya sudah, nanti lihat saja kelanjutannya, apakah bunga lengkeng saya ini akan rontok atau bahkan akan tumbuh dan membentuk buah.

Setelah saya cari di Google, katanya pohon lengkeng musim berbunga berlangsung pada bulan September – Oktober. Berarti memang bulan sekarang saatnya pohon lengkeng berbunga . Apakah bunga pertama ini harus dibuang atau dibiarkan saja ya. Maklum saya baru pertama kali menanam lengkeng.

Pohon lengkeng saya keluar bunga pertama
Pohon lengkeng saya keluar bunga pertama

Buah lengkeng katanya berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi. Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Dalam buku terapi buah disebutkan buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan, dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit. 

Pohon lengkeng saya di kebun belakang rumah saya
 Pohon lengkeng saya di kebun belakang rumah saya

Buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. Bukan cuma buahnya saja yang bermanfaat. Akar dan daun lengkeng yang berasa pahit, bahkan biji yang keras pun menyimpan khasiat obat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar