Tips Memasang Saluran Pipa Air Di Rumah

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Untuk membangun sebuah Rumah perlu diperhatikan juga perencanaan jaringan dan pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor merupakan salah satu bagian utama yang membutuhkan perhatian.

Karena salah satu hal yang sangat dikhawatirkan pada saat rumah sudah ditempati terjadi gangguan air seperti bocor, mampet. Kalau sudah terjadi kebocoran pada pipa, apalagi posisi yang bocor ada didalam tanah atau didalam dinding, maka untuk mencari pipa yang bocor tersebut akan menemui banyak kesulitan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Mang Caca sedang mengatasi bocor pada pipa air 
Mang Caca sedang mengatasi bocor pada pipa air

Silahkan baca juga Apapun Pekerjaannya Serahkan Saja Pada Ahlinya

Untuk itu perencanaan jaringan pipa harus mudah dideteksi apabila terjadi kebocoran. Umumnya kebocoran itu terjadi pada sambungan pipa, karena pada saat pemasangan sambungannya kurang baik atau bocor pipa didinding atau dilantai itu bisa terjadi mungkin waktu pelester dinding atau pasang lantai keramik  pipa itu terpukul tukang batu, memang tidak bocor seketika tapi beberapa bulan kemudian, karena tekanan air di dalam pipa maka terjadilah kebocoran atau bisa juga waktu pemasangan pipa tkang pasangnya lupa untuk memberikan lem pipa, ini sering terjadi. Atau ada juga tukang pasang pipa yang bilang kalau pipa pembuangan air dan tidak ada tekanan gak usah dikasih lem juga gak masalah, padahal itu kesalahan yang patal. Memang sih waktu itu gak bocor tapi beberapa bulan kedepan sedikit – demi sedikit air itu akan rembes, apalagi pipanya didalam tembok khan bikin repot ya. 

Melakukan pembobokan pada dinding
Kalau sudah begini apa boleh buat maka dilakukan pembobokan pada dinding, karena pipa tersebut berada dalam dinding. supaya bisa diatasi bocornya. Disini terlihat pipa tersebut tidak memakai lem ( semprul nih yang masang pipa )

Untuk mengetahui dimana pipa yang bocor cara yang sederhana adalah, dengan menghidupkan pompa air, lalu buka kran kecil saja supaya pompa tidak mati , dan biarkan pipa penuh air dan bertekanan tinggi, biarkan 5 menit , lalu periksa pada dinding atau lantai yang dilewati pipa air tersebut.  Kemudian periksa apa ada yang basah, jikalau ada yang basah ya di sekitar itulah kebocorannya. Baca Cara mengecat Plafon Rumah yang bernoda karena terkena bocoran air hujan atau lembab

Pipa ini tidak memakai lem ... Semprul
Pipa ini tidak memakai lem, mungkin mikirnya. Biar dah pipa pembuangan air kotor ini, khan gak ada tekanan. Ini sangat salah, kalau ketahuan oleh saya, pasti saya tendang yang masang pipa ini. Khan bikin repot dikemudian hari ya.

Pembagian jaringan pipa juga harus diperhatikan, agar pembagian airnya merata. Jangan sampai pada saat kita sedang cuci tangan di km/wc, tiba-tiba airnya mengecil karena ada yang cuci piring khan gak nyaman ya.

Melakukan penambaan pipa yang bocor pada sambungan
Untuk mengatasinya tidak ada jalan lain, yaitu dengan menambal memakai lem dan menggunakan pipa untuk penebalannya

Gunakan pipa PVC yang kwalitasnya baik, paling tidak untuk pipa air bersih menggunakan type AW, sedangkan untuk pipa air kotor menggunakan type D. Dalam pemasangan instalasi pipa air kotor perhatikan level ketinggian permukaan pembuangan akhir air kotor dengan tinggi permukaan lubang saluran pembuangan air kotor didalam rumah. Saluran pembuangan air kotor didalam rumah harus lebih tinggi minimal 40 cm. Baca Tips atau Cara Memperbaiki Plafon Gypsum
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar