Skip to main content

Cara Menyembuhkan Patek / Frambusia dengan Kamboja

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Hari Jumat minggu lalu saya kena penyakit patek di paha kanan. Awalnya saya duduk di taman dekat PT. Komatsu Indonesia, Cakung – Cilincing. 

Sambil nunggu saatnya shalat jumat dan waktunya penagihan saya duduk ditaman, eh malamnya saya merasakan kulit di paha  yang panas bak terbakar, setelah saya lihat. Waduh ini khan penyakit patek, terlihat sebesar jari telunjuk dan memanjang sekitar 8 – 10 Cm dan kemerahan seperti kulit yang terbakar terus ada nanahnya, panas, gatal. Sampai semalaman saya gak bisa Tidur. Sudah memakai obat kulit, tetap gak mempan. Baca Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya.

Cara Menyembuhkan Patek dengan Kamboja
Penyakit patek, kalau kata orang tua itu penyakit yang bisa menempel saat kita dikebun atau taman yang dipakai gituan “ tanda kutip”, Tapi menurut saya penyebabnya bukan itu, bisa saja tempat itu kotor, merang, banyak kuman, banyak bakteri.

Menurut kedokteran atau para dokter, penyakit Framboesia atau Patek adalah suatu penyakit kronis, relaps (berulang). Dalam bahasa Inggris disebut Yaws, ada juga yang menyebut Frambesia tropica dan dalam bahasa Jawa disebut Pathek kalau dalam bahasa sunda tetap patek / kururawit. Yaws, Frambosia, Patek, kururawit adalah penyakit langka karena infeksi pada daerah tropis yang biasanya menyerang daerah kulit, tulang dan sendi manusia yang disebabkan oleh bakteri spirochete Treponema pallidum pertenue., dan sifilis (Treponema pallidum pallidum). Katanya penyakit ini bisa menjalar bersama darah ke seluruh tubuh, kalau menyerang tulang, maka tulang tersebut akan keropos dan hancur... Weeeh sereeeem.. Dan apa bila sudah sembuh, bekasnya susah hilangnya, karena akan menimbulkan kerak pada kulit.

Baca : Bawang Dayak Atau Bawang Sabrang Mempunyai Banyak Khasiat

Setelah saya melakukan pengobatan dengan cara tradisional, akhirnya penyakit itu bisa sembuh dalam 2 hari. Kalau saya tidak tau pasti penyebabnya, apakah yang dialami saya ini patek atau bisa. Ya sudah yang penting saya sekarang sudah sembuh, tidak terasa panas, bekasnya pulih kembali.

Nah dalam tulisan ini sekalian saya akan berbagi Tips atau Ramuan untuk menyembuhkan penyakit Patek yang saya praktekan di Hari sabtu dan minggu.

Cara menyembuhkan Patek, Puru (Frambusia) dengan kulit Kamboja, Samoja ( bahasa sunda )

Pertama : Ambil kulit kamboja, biasanya banyak di pinggir jalan atau ditaman – taman, atau bahkan yang paling banyak lagi ya di makam hehehe. Pengambilan kulit kamboja jangan banyak – banyak, tetai secukupnya saja kira – kira 100 – 300 Gram.
Ambil kulit kamboja

Kedua : Ditumbuk halus  atau cukup diiris -  iris kecil dengan memakai pisau, ingat hanya kulit kamboja saja.

Pengirisan kulit kamboja
 

Ketiga : Setelah pengirisan selesai lalu direbus dengan air 1 – 3 liter air bersih atau secukupnya saja, sampai mendidih dan biarkan selama 10 – 15 menit.
Perebusan ramuan selama 10 - 15 menit

Nah, setelah itu, selagi hangat – hangat atau suam – suam kuku bisa digunakan untuk mandi / menggosok / membasuh  yang luka. Lakukan 1 hari 2 kali, sampai Patek tersebut sembuh, biasanya 2 atau 3 hari sudah sembuh.

Baca :  Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar