Cara Tumpang sari padi dengan terong

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Tumpang sari padi dengan terong yang saya maksud disini yaitu menanam terong sambil menanam padi.

Penanaman terong tersebut dilakukan pada pematang sawah yang sawahnya ditanami padi. Mengingat Terong sangat mudah dibudidayakan dan tidak perlu penanganan yang rumit. Menurut yang saya baca : Terong dapat hidup didataran rendah dan tinggi dengan ketinggian 1-1.200 dpl dan suhu optimum 18 – 25 derajat Celcius. Untuk pembentukan warna buah , terong memerlukan pencahayaan yang cukup. Terung tumbuh dengan baik di tanah lempung berpasir dan mengandung abu vulkanis dengan PH 5-6. Waktu penanaman terung yang tepat adalah pada awal musim kemarau.

Cara Tumpang sari padi dengan terong
 Cara Tumpang sari padi dengan terong 

Terong banyak macamnya antara lain terung gelatik yang sering disebut terong lalap, terung kopek dengan ciri buahnya yang panjang, terong craigi yang buahnya berbentuk bulat panjang ujung meruncing , terong jepang dengan buah bulat dan panjang, terung medan yang buahnya bulat panjang dan berukuran mini, terung bogor yang bentuknya bulat besar berwarna keputih-putihan, terong ungu yaitu terong bulat panjang dan berwarna ungu, terong kuning atau terong peuheur dan masih banyak lagi macamnya dari terong terongan. Baca Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur

 FOTO: Tanaman terong sebagai tumpang sari padi
 FOTO: Tanaman terong sebagai tumpang sari padi

Terong pada umumnya diperbanyak dengan biji. Sebelum ditanam biji terung disemaikan terlebih dahulu di bedengan semai / perbenihan.

Disaat kita melakukan pemeraman benih terong dengan kertas basah maupun handuk lembab selama 24 jam, kita mempersiapkan media semai yang terdiri dari campuran tanah dan pukan (pupuk kandang)

Berikut ini Langkah – langkah penyemaian dan perkecambahan biji terong
i). Rendamlah benih dalam air hangat kuku selama 10 -15 menit

ii). Bungkuslah benih dalam gulungan kain basah untuk diperam selama + 24 jam hingga     nampak mulai berkecambah

iii). Sebarkan benih di atas bedengan persemaian menurut barisan, jarak antar barisan 10-15 cm

iv). Tutup benih tersebut dengan tanah tipis

v). Permukaan bedengan yang telah disemai benih ditutup dengan daun pisang/ penutup lainnya

vi). Setelah benih tampak berkecambah muncul, buka penutupnya

vii).  Siram persemaian secukupnya

Baca : Cara semai terong peuheur / terong kuning .

Cara penanaman benih terong di pematang sawah
i).Benih yang telah berumur 1-1,5 bulan dapat ditanam pada pematang sawah, buat lubang tanam mengikuti alur pematang sawah. Ciri dari bibit tanaman terong yang siap tanam adalah munculnya atau keluar 3 lembar helai daun sempurna atau mencapai tinggi ± 7,5 cm. Sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari setelah dilakukan penggenangan untuk mempermudah pemindahan dan masa adaptasi pertumbuhan awal.

 FOTO: Tanaman Terong di pematang sawah sedang berbunga

ii).Sistem tanam yang digunakan untuk terong adalah sistem single row, dengan jarak antara tanaman 50 cm sepanjang pematang sawah. Bibit yang siap tanam dimasukkan kedalam lubang tanam yang ditugal sedalam 10-15 cm kemudian ditekan ke bawah sambil ditimbun dengan tanah yang berada di sekitar lubang mulsa sebatas leher akar (pangkal batang). Baca Cara membuat karedok terong peuheur atau terong kuning
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar