logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara semai terong peuheur / terong kuning .

Sampurasun .... Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman terong peuheur atau terong kuning belum ada yang membudidayakannya, nah dari rasa penasaran ini saya tertarik dan penasaran dengan tanaman terong peuheur (Solanum indicum ), apa mungkin tanaman ini tidak bisa di semai, tak akan tumbuh bila disemai. Terus tumbuhnya / berkembangbiaknya dengan apa?.

Dari rasa penasaran itu saya mencoba untuk menyemai terong peuheur atau terong kuning. Berikut ini percobaan saya. 

Buah terong peuheur atau terong kuning

Buah terong peuheur atau terong kuning

Alat yang harus disiapkan:

•    Pot plastik dengan diameter 10 cm. Lubangi bagian bawah Pot secara merata untuk drainase (*lubang Pot biasanya sudah ada lubang untuk tempat drainase ).

•    Media tanam, bisa berupa tanah kompos, arang sekam padi, pasir dan lain nya tergantung ketersediaan bahan. Pastikan media semai sudah steril dari patogen dan hewan pengganggu, khsususnya media berupa tanah + kompos harus dengan menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Langkah Kerja:
•    Ambil media semai secukupnya, lalu basahi media secara merata. Masukkan ke dalam Pot  plastik ¾ bagian saja. 
Masukkan media yang sudah dicampur ke dalam Pot  plastik
•    Keluarkan biji terong kuning dari buah dengan cara membelah menjadi dua bagian dan memerasnya.
Keluarkan biji terong kuning dari buah
Keluarkan biji terong kuning dari buah

•    Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai yang sudah diratakan sebelumnya, tak perlu dimasukkan terlalu dalam ke dalam media, cukup diletakkan di permukaan media saja, lalu ditutup tipis dengan media kurang lebih 3 milimeter sampai ½ cm untuk mengamankan benih dari pencurian oleh semut dan hewan kecil lain nya. 
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai
Taburkan biji terong kuning ke dalam media semai

•    Tutup pot yang berisi semaian dengan plastik bening lalu letakan di tempat yang lembab atau ternaungi dari sinar matahari langsung..
•    Tak perlu menyiram semaian terlalu sering, jika kelembaban terlalu tinggi dikhawatirkan biji malah busuk, namun jika terlalu kering maka benih juga akan gagal berkecambah/sprout. Jaga kelembaban nya sampai benih sprout.
Saya belum tahu semaian biji terong peuheur / terong kuning ini akan berkecambah. Ya, kita tunggu saja berapa hari semaian terong kuning saya ini akan berkecambah. Nanti kalau sudah berkecambah saya posting kembali dah....

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Lumayan juga ya Mang kalau bisa tahu cara menyemai yang benar terang kunging ini sendiri, Jadi kenpengen makan terong nih mang.

Salam

Balas

wah...ini terong mantap di buat sambelan,,,habis maem langsung blajar nyemai di mang yono,,,

Balas

kalo saya lebih suka terong yang ungu kang, yang panjang itu loh...
kalo terong yang nie mah banyak banget bijinya, tapi ada juga terong yang seperti ini tapi enak banget buat dijadiin lalapan, terong apa ya disebutnya, da ari di daerah abi mah di sebutna teh cokrom hehehe...

Balas

Wah boleh juga tuh, Mang....daripada beli, enakan menanam sendiri ya, Mang!Ternyata juga nggak sulit2 amat cara menyemainya, he he...atur nuhun, Mang!

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger