Skip to main content

Mencari lalapan gunda di sawah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com  - Kalau orang sunda ... Apa sih yang gak bisa di buat lalapan... Dari daun sampai buah mentah juga bisa di buat lalapan. Seperti tumbuhan Gunda yang pahit - pahit enak ini. 

Tumbuhan Gunda dapat dijumpai di sawah – sawah, Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi bisa di buat lalapan mentah atau lalapan matang alias seupan / dikukus.

Mencari lalapan gunda di sawah
FOTO : Saya sedang memetik gunda disawah 

Mungkin sebagian orang merasa asing dengan lalapan yang satu ini, tetapi bagi masyarakat di daerah sunda atau tepatnya di daerah saya gunda ini sudah tidak asing lagi bahkan kalau saya pulang kampung suka menyempatkan untuk mencari lalapan gunda di sawah. Gunda bisa untuk pecel, dibuat urap atau lalapan mentah.
 
Gunda sering di konsumsi oleh masyarakat di kampung saya sebagai lauk-pauk pelengkap nasi.Tanaman ini tumbuh liar di daerah pesawahan, jadi tumbuhan gunda ini tidak ditanam, gunda merupakan gulma pengganggu tanaman padi dan musuh para petani.

FOTO: Tumbuhan Gunda di antara rumpun padi di sawah.
FOTO: Tumbuhan Gunda di antara rumpun padi di sawah.

Pohon Gunda biasanya tumbuh di sawah di antara tanaman padi yang berumur 2 bulan, biasanya gak lebih dari umur tanaman padi segitu. Karena lewat dari umur padi segitu otomatis yang punya sawah tersebut akan melakukan penyiangan dengan cara dirambet, digurul untuk menghilangkan gulma dan rumput tersebut.

Baca : Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi

FOTO : Nenek saya sedang ngundeur gunda untuk lalapan saya ... Heheheh
FOTO : Nenek saya sedang ngundeur gunda untuk lalapan saya ... Heheheh

Cara untuk mengambil gunda ini cukup mudah yaitu dengan cara dipetik atau dicabut dengan akarnya.... Tapi gampangan dipetik sih ... Hehehe.

FOTO : Cara mengambil pohon Gunda dengan cara dipetik
FOTO : Cara mengambil pohon Gunda dengan cara dipetik, meskipun pengambilan dengan cara dipetik tanpa dipotong dengan pisau atau sejenisnya pohon gunda ini gampang sekali, pohonnya tidak alot

Rasa dari lalapan gunda, yaitu rasanya pahit – pahit enak gimana ... gimana ... gituh ... hehehe. Seperti mengkonsumsi daun pepaya, tapi lebih pahitan daun pepaya ding ... hehehe.

FOTO : Pohon gunda untuk lalapan teman makan nasi saya ... Hehehe.
FOTO : Pohon gunda untuk lalapan teman makan nasi saya ... Hehehe.

Baca juga :  
Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar