Skip to main content

Tanaman padi di Subang roboh terkena angin kencang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Belasan hektare tanaman padi di lahan pertanian Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang roboh akibat angin dan hujan yang menerjang wilayah tersebut, Senin (16/3/2015). Baca Tanaman padi di Pagaden Barat di serang hama

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi semalam membuat hektaran tanaman padi roboh. Tanaman padi itu berada di beberapa desa di Kecamatan Pagaden Barat, seperti Desa Bendungan, Balingbing, dan Cidahu.

Tanaman padi di Subang roboh terkena angin kencang. Foto jepretan admin di sawah admin.
 Tanaman padi di Subang roboh terkena angin kencang. Foto jepretan admin di sawah admin.

Mang Yono salah satu petani di Desa Bendungan, Mang Yono (27 Thn ... Umur samaran ... Hehehe) mengatakan, hujan semalam yang datang memang disertai angin kencang, meski tidak berlangsung lama namun hujan yang turun sekitar pukul 16.30 WIB itu membuat tanaman padi di sawahnya roboh. "Banyak tanaman padi yang roboh di sini karena diterjang angin semalam," ungkap Mang Yono / admin blog ini ... Hehehe.

FOTO : Tanaman padi milik saya yang roboh kurang lebih sebanyak 3 hektare (Ha)  dikurangi 2,99 Ha ... Hehehe.
FOTO : Tanaman padi milik saya yang roboh kurang lebih sebanyak 3 hektare (Ha)  dikurangi 2,99 Ha ... Hehehe. Tanaman padi saya yang roboh cuma beberapa petak saja. Sawah saya ini tak jauh dari rumah saya. 

"Banyak sekali tanaman padi yang roboh tetapi sebentar lagi akan dipanen, jadi tidak perlu dilakukan perawatan intensif," Itu menurut saya loh.

"Memang banyak yang rusak, tetapi kelihatannya tidak ada masalah, semoga saja tidak mengurangi hasil panen padi atau gabah," 

Tanaman padi di beberapa petak lahan persawahan di areal pertanian Blok Tegal Sungsang Pagaden Barat, Subang. Sebagian besar tanaman padi tersebut sudah menguning dan berisi bulir-bulir padi, termasuk tanaman padi saya.

FOTO : Tanaman padi milik saya tumbang setelah diterjang angin dan hujan.
 FOTO : Tanaman padi milik saya tumbang setelah diterjang angin dan hujan. 

Mungkin hari Sabtu 21/3/2015, saya akan memanen padi tersebut, karena jika tidak segera dipanen ditakutkan akan membuat busuk tanaman padi itu.

“Langsung saya panen saja, jika tidak segera dipanen bisa membusuk,”

Itu menurut saya loh, gak tau menurut petani yang lainnya, bahkan ada sebagian petani yang melakukan pengikatan batang – batang yang roboh, supaya bisa berdiri kembali dan tidak terendam air di bawahnya. Beruntung tanaman padi yang roboh sudah siap panen, sehingga petani tidak mengalami kerugian. 

“Hasil panen kali ini lumayan bagus dibandingkan masa tanam tahun lalu. Prediksi kami hasilnya lebih banyak dibandingkan masa tanam tahun lalu, mudah – mudahan saja harga padi tetap setabil."

Para petani lain pun mengatakan hal yang sama, Payan (41 Thn ), yang juga warga Bendungan. Dia mengatakan segera memanen tanaman padi miliknya setelah mengetahui tanaman padi tersebut tumbang.

“Ya untungnya sudah masuk masa panen, jadi kami tidak mengalami kerugian. Berbeda jika pada saat tumbang, tanaman padi tesebut belum siap panen, petani pasti akan rugi,” jelasnya.

Baca juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar