Skip to main content

Makanan sederhana tapi bikin nikmat.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Kalau saya makan makanan yang sederhana sudah merasa nikmat, tetapi, mungkin bagi orang yang kaya raya, makan makanan yg mewah baru merasa nikmat.... Ya sudah lah.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang tanaman Terong Kuning atau terong Peuheur, tanaman ini mempunyai nama ilmiah yaitu Solanum indicum atau di daerah – daerah yang lebih tenar dengan sebutan terong ngor, terong pipit hijau, tapi kalau di daerah Sunda biasa disebut dengan terong peuheur, karena rasanya itu peuheur alias getir . Baca Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur

Makanan sederhana tapi bikin nikmat.
 Makanan sederhana tapi bikin nikmat.

Buah terong peuheur yang masih muda berwarna hijau, sedangkan terong peuheur yang sudah tua warnanya kuning, makanya terong ini dinamakan juga terong kuning ... hehehehe. 

FOTO : Buah Terong peuheur yang masih muda. Jeprean admin di kebun belakang rumah.
 FOTO : Buah Terong peuheur yang masih muda warnanya hijau. Jeprean admin di kebun belakang rumah.

Buah terong peuheur yang warna hijau atau sudah berwarna kuning bisa juga di buat masakan Oseng – oseng, rasanya memang nikmat dan pas banget kalau dimakan dengan nasi pulen yang anget. 

FOTO : Buah Terong peuheur yang sudah tua warnanya kuning. Jeprean admin di kebun belakang rumah.
 FOTO : Buah Terong peuheur yang sudah tua warnanya kuning. Jeprean admin di kebun belakang rumah.

Kalau saya sih dibuat apa aja boleh, mau dibikin oseng terong peuheur, karedok terong peuheur bahkan cuma dibuat lalapan juga bisa menyesuaikan ... heheh.

Kalau di daerah sunda, memang sih makanan atau buah – buahan yang asing di daerah lain juga bisa dibuat lalapan hehe ... Makanya ada yang bilang, orang sunda itu kalau dilepas dihutan kagak mungkin kelaparan .... hehehe

FOTO : Buah Terong peuheur yang masih muda dan sudah tua . Jeprean admin terong dari kebun belakang.
  FOTO : Buah Terong peuheur yang masih muda dan sudah tua . Jeprean admin terong dari kebun belakang.

Seperti pada hari minggu kemarin, istri saya membuat karedok terong peuheur, resepnya bisa dilihat di postingan ini Cara membuat karedok terong peuheur atau terong kuning. Tak terasa saking nikmatnya, nasi dua bakul, yang satu bakul habis ... hehehe.... memang betul, kenikmatan itu tak bisa di ukur dengan makanan yang mewah atau makanan kelas resto – resto, la wong makanan begini aja kalau seleranya dan racikannya pas bikin lupa utang ... hahahah.

FOTO : Ngawadang ( makan waktu siang hari )
FOTO : Ngawadang ( makan waktu siang hari ) serasa nikmat dengan karedok terong peuheur, sayur asem, sambel terasi . Jeprean admin sambil makan. ... hehehe.

Eh, ngomong – ngomong soal makanan mahal katanya ada bahan makanan yang harganya mahal ditingkat dunia seperti Jamur Matsutake, jamur ini hanya tumbuh di Jepang. Jamur ini sangat langkah dan biasanya tumbuh di tanaman lain sebagai parasit. Rasanya sangat lezat saat di goreng. Jamur ini dikenal dengan nama “King of Fall Food” atau Raja Makanan Musim Gugur. Tapi kalau saya mah sepertinya gak kebeli la harga untuk satu kilogram Jamur Matsutake sekitar Rp.20.000.000,-.... Mahal sekali ya, mendingan tuh uangnya untuk nanam terong peuheur... bisa ber hektar – hektar ... hahaha

Baca juga artikel lainnya: 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar